Rabu, 8 Mei 2024

Paparkan Strategi Transformasi Bangsa, Prabowo: Sentuh Perbaikan Kualitas Hidup hingga Bangun 3 Juta Rumah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Prabowo Subianto calon presiden (capres) nomor urut 2 dalam debat kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Prabowo Subianto calon presiden (capres) nomor urut 02 dalam sesi pemaparan visi-misi dalam Debat Pilpres kelima, mengemukakan “Strategi Transformasi Bangsa”  ala Prabowo-Gibran jika berhasil memenangi Pilpres 2024.

Menurut Prabowo, “Strategi Transformasi Bangsa” pertama harus dimulai dari memperbaiki kualitas hidup. Salah satunya dengan memberikan makanan bergizi untuk seluruh anak di Indonesia termasuk yang masih dalam kandungan, duduk di tingkat sekolah hingga dewasa.

“Ini akan mengatasi angka kematian ibu waktu lahir (melahirkan), ini akan mengatasi kurang gizi anak stunting, ini akan menghilangkan kemiskinan ekstrem, ini akan menyerap semua hasil panen petani nelayan, dan ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita, minimal sekitar 1,5 hingga dua persen,” ujarnya di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024).

Dengan demikian, kata Prabowo, maka bisa mengatasi masalah fundamental dalam memperbaiki kualitas hidup rakyat dalam rangka menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia.

Selanjutnya, “Strategi Transformasi Bangsa” akan membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten/kota di Indonesia, dan puskesmas modern di setiap kelurahan/desa. Selain itu, juga segera mempercepat mengatasi kekurangan dokter di Indonesia.

“Kita kekurangan 140.000 dokter dan itu akan segera kita atasi dengan cara kita akan menambah fakultas Kedokteran di Indonesia, dari yang sekarang 92 dan kita akan membangun 300 fakultas kedokteran dan mengirim 10.000 anak-anak pintar dan kita kirim beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran. Dan 10.000 lagi untuk belajar science, technology, enginering dan matematika, biologi dan fisika,” ujarnya.

Strategi selanjutnya, yakni membangun tiga juta rumah untuk masyarakat yang belum memiliki rumah. Masing-masing satu juta dibangun di wilayah pedesaan, pesisir dan perkotaan.

“Kita juga harus perbaiki gaji guru, termasuk honorer. Kita harus meningkatkan kompetensi guru, kita harus memberi pelatihan penataran. Dan juga seluruh penyelenggara negara, ASN, TNI-Polri harus diperbaiki gajinya, sehingga kualitas hidup mereka akan baik, sehingga bisa memberi pelayanan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Terakhir, Prabowo menekankan tidak hanya akan melakukan pembangunan tapi transformasi bangsa, diatas landasan ekonomi yang dibangun Joko Widodo Presiden, dan pendahulu-pendahulunya.

“Itulah pemikiran kami, kami yakin bisa mencapai Indonesia emas 2045,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. Hari ini, merupakan debat edisi terakhir.

Tema debat Pilpres untuk capres kali ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Keduanya merupakan presenter TVOne. Selain itu ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs