Kamis, 9 Mei 2024

Tiga Capres Kembali Adu Gagasan dalam Debat Pilpres 2024 Seri Kelima

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (4/2/2024), akan menggelar Debat Pilpres 2024 seri kelima, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Tema debat dengan peserta para calon presiden (capres) adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Seperti debat sebelumnya, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan menjelaskan visi dan misinya terkait tema debat, serta menjawab pertanyaan panelis, dan antarcapres.

Para calon wakil presiden (cawapres), Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD juga akan hadir di lokasi mendampingi capresnya.

August Mellaz Komisioner KPU RI mengatakan, debat akan berlangsung dalam enam segmen selama 150 menit termasuk jeda iklan. Format dan urutan segmen debat kelima tidak mengalami perubahan.

Segmen pertama, penyampaian visi dan misi program kerja masing-masing capres. Prabowo Subianto capres nomor urut 2 mendapat kesempatan pertama.

Lalu, segmen kedua dan ketiga penyampaian pertanyaan yang sudah disusun panelis, lalu disampaikan Andromeda Mercury dan Dwi Anggia Presenter TV One yang bertugas sebagai moderator.

Segmen keempat dan kelima, capres punya kesempatan bertanya ke masing-masing capres lainnya, dan saling menanggapi.

Segmen terakhir, pernyataan penutup atau kesimpulan para capres. Di segmen penutup debat pamungkas, KPU RI memberikan waktu lebih banyak dari debat sebelumnya kepada setiap capres.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(rid/ipg/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
30o
Kurs