Minggu, 19 Mei 2024

Patroli Skala Besar di Jawa Timur Jelang Pemungutan Suara Dimulai Hari Ini

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Irjen Imam Sugianto Kapolda Jawa Timur saat jumpa pers mengenai patroli skala besar jelang hari pemungutan suara, Selasa (6/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net Irjen Imam Sugianto Kapolda Jawa Timur saat jumpa pers mengenai patroli skala besar jelang hari pemungutan suara, Selasa (6/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Potensi ancaman hingga gangguan menjelang dimulainya hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 menjadi perhatian semua pihak.

Untuk itu, Polda Jawa Timur (Jatim) bersama Kodam V/Brawijaya dan Koarmada II menggelar patroli skala besar untuk mengantisipasi potensi ancaman dan gangguan jelang hari pemungutan suara.

Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim menyatakan. melalui sinergi semua Forkopimda ini, diharapkan bisa memberikan efek deterrence kepada oknum pemicu gangguan.

“Sinergi kebersamaan ini mudah-mudahan bisa memberikan efek deteren kepada pihak yang mengganggu kelancaran tahap pemilu terutama di tahap puncak nanti,” ujar Imam usai memimpil apel di Mapolda Jatim, Selasa (6/2/2024).

Ribuan personil yang mewakili masing-masing satuan mengikuti apel di lapangan Mapolda Jatim dalam rangka pengecekan terakhir kesiapan personil untuk mengamankan puncak hajat lima tahunan itu.

Selain itu, Imam mengkalim bila situasi di Provinsi Jatim sampai saat ini masih pada tahap aman terkendali. Meski begitu Kapolda Jatim itu menginstruksikan seluruh jajarannya untuk fokus menggelar patroli skala besar.

“Patroli skala besar ini kita instruksikan sampai ke jajaran polrestabes, polres, dan polresta serta korem dan kodim di jajaran Jatim. Kita harapkan melakukan kegiatan yang sama dalam rangka mengantisipasi semua kemungkinan ancaman,” tuturnya.

Mengenai distribusi logistik Pemilu 2024, Imam menyatakan telah selesai disalurkan 100 persen di sejumlah kota/kabupaten se Jatim. Bahkan hingga kepulauan terluar di Pulau Masalembu, Sumenep.

“Di kepulauan terjauh Masalembu sudah logistiknya, termasuk pasukan dari TNI-Polri sudah bergerak ke Masalembu tiga hari yang lalu. Kita BKO di sana kurang lebih ada dua pleton,” ujar Kapolda Jatim. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs