Minggu, 28 April 2024

Peneliti Harap Presiden Terpilih Prioritaskan Kesejahteraan Guru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ketiga calon presiden (capres) selepas debat pertama di Kantor KPU di Jakarta pada Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Instagram @Prabowo

Natasya Zahra peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyatakan presiden terpilih perlu memprioritaskan kesejahteraan guru demi terciptanya dunia pendidikan yang lebih baik.

“Peningkatan kesejahteraan guru adalah hal yang harus diprioritaskan Presiden terpilih,” katanya dilansir Antara pada Rabu (14/2/2024) tengah malam.

Natasya menuturkan, kesejahteraan guru perlu diprioritaskan karena menurut survei World Bank 2020 ternyata kesejahteraan yang rendah yakni gaji rendah memiliki dampak langsung pada tingkat kehadiran guru di kelas.

Menurutnya, apabila gaji rendah maka guru akan lebih memilih untuk mengerjakan pekerjaan sampingan sehingga dapat berdampak pada kualitas pendidikan yang diterima siswa karena minimnya pendampingan oleh guru.

Ia mengatakan fakta menunjukkan bahwa guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki tingkat kehadiran yang lebih tinggi dari guru nonASN.

“Itu karena tunjangan kinerja yang akan mereka dapatkan juga dinilai dari tingkat kehadiran di kelas,” ujarnya.

Pemerataan kesejahteraan khususnya untuk guru honorer baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta juga masih perlu menjadi perhatian.

Natasya menyebutkan anggaran pemerintah selama ini masih terfokus pada guru honorer di sekolah negeri yang kemudian berpotensi menimbulkan ketimpangan distribusi guru pada jenis sekolah swasta.

Tak hanya itu, belum memadainya kesejahteraan turut berdampak pada distribusi guru seperti proses distribusi guru ke daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) yang tidak berjalan lancar, karena keengganan mereka untuk meninggalkan daerah asalnya. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs