Jumat, 19 April 2024

Usai Mencoblos, Jokowi Presiden Berharap Pemilu 2024 Jadi Pesta Rakyat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara memasukkan surat suara ke kotak suara TPS 10, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara memasukkan surat suara ke kotak suara TPS 10, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, pagi hari ini, Rabu (14/2/2024), menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10, Kelurahan Gambir.

TPS ini berlokasi di halaman Gedung Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran Nomor 10, Jakarta Pusat.

Usai mencoblos surat suara dan memasukkannya ke kotak suara, Jokowi mengungkapkan rasa syukur karena bisa berpartisipasi di Pemilu tahun ini.

Dalam keterangannya, Jokowi berharap Pemilu berlangsung sesuai prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Masyarakat yang menggunakan hak pilihnya juga harus bergembira karena sejatinya pemilu adalah pesta demokrasi, pestanya rakyat.

Alhamdullilah, baru saja saya tadi bersama dengan Bu Iriana telah melakukan pencoblosan dalam rangka pemilihan presiden dan wapres. Kemudian DPR RI, DPD RI, dan DPRD Kota Jakarta. Ini adalah pesta demokrasi, makanya kita berharap ini betul-betul jadi pesta rakyat, dan jug berlangsung dengan jurdil, luber dan diikuti seluruh rakyat Indonesia dengan kegembiraaan karena ini adalah pesta rakyat, pesta demokrasi,” ujarnya di Jakarta.

Seperti diketahui, Joko Widodo Presiden menetapkan hari pemungutan suara, Rabu 14 Februari 2024 sebagai hari libur nasional lewat Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2024.

Salah satu pertimbangan terbitnya Keppres itu untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Warga Negara Indonesia menggunakan hak pilihnya.

Pada Pemilu tahun ini, KPU RI menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 204,8 juta pemilih yang tersebar di dalam dan luar negeri.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs