Selasa, 30 April 2024

PKB Unggul di Jawa Timur dengan 27 Kursi DPRD, Naik dari 2019

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Anik Maslachah (kiri) Sekretaris DPW PKB Jawa Timur dan Hikmah Bafaqih Anggota DPRD Jatim Fraksi PKB saat berada dalam Konferensi Pers di Kantor DPW PKB Jatim, Surabaya, Sabtu (16/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

PKB mengamankan 27 kursi di DPRD Jawa Timur (Jatim) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Raihan itu, mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2019 yang meraih 25 kursi.

“Alhamdulillah, hari ini PKB Jawa Timur menang,” kata Anik Maslachah Sekretaris DPW PKB Jawa Timur saat berada di Kantor DPW PKB Jatim, Surabaya, Sabtu (16/3/2024).

Raihan PKB di Jatim itu, disusul oleh PDI Perjuangan dan Gerindra yang sama-sama meraih 21 kursi.

Selain di Jatim, Anik mengatakan bahwa peningkatan suara PKB itu juga terjadi di tingkat nasional, yakni meraih 18 kursi, disusul oleh PDIP dengan 16 kursi dan Gerindra 14 kursi.

Sedangkan di tingkat Kabupaten/Kota, PKB tahun ini juga mengalami kenaikan sebanyak 13 kursi, yakni total menjadi 338 kursi, dari sebelumnya 325 kursi.

“Dari 38 Kabupaten/Kota, kita punya 36 pimpinan, baik ketua maupun ada beberapa wakil ketua,” ujarnya.

Anik mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadikan perolehan PKB naik. Seperti, adanya efek dari pencalonan Muhaimin Iskandar menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang membuat mesin partai semakin bergerak lebih maksimal.

“Saya melihat, karena Gus Muhaimin sebagai ketua partai, bahwa kemenangan ini tidak hanya di Jatim, tetapi juga di beberapa provinsi yang lain juga demikian,” jelasnya.

PKB, kata Anik, saat ini juga tidak hanya berpusat di Jawa Timur, melainkan sudah terisi di 38 Provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga menurutnya, pergerakan PKB menyeluruh, tidak sektarian.

“Faktornya juga saya melihat jelas dukungan dari NU Kultur, mulai dari ada yang menamakan Gerakan Nahdiyin Bersatu, Jaringan Perempuan Nadiyin, Laskar Santri, yang ini berpengaruh kepada elektoral partai, sehingga memudahkan para Caleg untuk bisa mengisi kursi, meraih suara,” ujarnya.

“Dan tentu juga karena kinerja Caleg yang lebih optimal hari ini, daripada tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Oleh karena itu, atas nama PKB Jatim, pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang masih mempercayai PKB adalah sebagai saluran aspirasi politik.

“Dan kami akan berupaya lebih baik lagi, lebih optimal lagi dalam melakukan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mohon doanya agar supaya keinginan kami ini bisa tercapai,” pungkasnya.(ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs