Senin, 6 Mei 2024

Prabowo-Gibran Tidak Hadiri Sidang Putusan PHPU Pilpres 2024 di MK

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Otto Hasibuan Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, saat sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Gedung I Mahkamah Konstitusi RI, Jakarta, Kamis (28/3/2024). Foto: Antara

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 tidak menghadiri sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Senin (22/4/2024) hari ini.

“Informasinya kalau Pak Prabowo dan Gibran enggak datang, tapi mungkin yang lain-lain petinggi partai mungkin ada yang datang,” kata Otto Hasibuan Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, dilansir Antara.

Ia mengatakan tim Prabowo-Gibran optimistis MK memutus sengketa pilpres sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, Otto juga menegaskan bahwa kubu Prabowo-Gibran menghormati apa pun putusan dari majelis hakim konstitusi.

“Iya kita harus optimis dan kita menghormati semua pihak, 01 (Anies-Muhaimin) dan 03 (Ganjar-Mahfud) kita hormati dan apa keputusannya, ya, kita taati,” katanya.

Di samping itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pasangan calon nomor urut 1 serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md pasangan calon nomor urut 3 telah tiba di MK. Ganjar-Mahfud datang pukul 08.05 WIB, lalu disusul Anies-Muhaimin pukul pukul 08.18 WIB.

Di hadapan media, Ganjar mengatakan dirinya dan Mahfud hadir hanya untuk mendengarkan putusan. Ia juga menyerahkan keputusan kepada majelis hakim konstitusi karena para hakim memiliki kemerdekaan untuk memutus perkara.

“Saya doakan mereka semuanya kuat untuk memberikan putusan yang paling objektif untuk bangsa dan negara,” ucap Ganjar.

Di sisi lain, Anies mengatakan bahwa ia menghormati putusan dan berharap MK mengambil peran untuk menyelamatkan demokrasi melalui putusan nantinya. Ia pun mengimbau pula agar semua orang yang hadir untuk tertib dan menaati peraturan.

“Kita berharap bahwa MK mengambil peran untuk menyelamatkan demokrasi kita, membuat mutu demokrasi kita terjaga,” ujar Anies. (ant/sya/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs