Rabu, 19 Juni 2024

Rekomendasi Rakernas V PDIP Minta Kesediaan Megawati Kembali Pimpin untuk Periode 2025-2030

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP saat memberi pengarahan kepada kader di Rakernas V PDIP, Ancol, Minggu (26/5/2024). Foto : istimewa

Seluruh pengurus PDI Perjuangan (PDIP) seluruh Indonesia meminta kesediaan Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjadi ketua umum partai berlambang kepala banteng moncong putih itu untuk tahun 2025-2030.

Permintaan itu disampaikan dan menjadi salah satu keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang berlangsung di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, sejak Jumat (24/5/2024) dan ditutup pada Minggu (26/5/2024).

“Rakernas V Partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia memohon kesediaan Prof. DR. Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025,” kata Puan Maharani Ketua DPP PDIP bidang Politik.

Puan membacakan naskah rekomendasi Rakernas V, di hadapan seluruh peserta sidang penutupan, serta media massa dari seluruh Indonesia yang boleh hadir di dalam ruangan.

Rakernas V PDI Perjuangan (PDIP) sendiri menghasilkan 17 poin rekomendasi eksternal.

Dari sisi ekonomi, kata Puan, rekomendasi eksternal itu juga menitikberatkan pada soal investasi. Dimana Rakernas V PDIP mendesak pemerintah agar melakukan kajian terhadap kebijakan kerja sama investasi.

“Rakernas V Partai mendesak pemerintah untuk melakukan kajian yang mendalam terhadap kebijakan kerjasama investasi guna menghindari kebijakan pragmatis jangka pendek yang berpotensi mengorbankan kepentingan nasional, dan kedaulatan Indonesia,” kata Puan.

Kemudian, Rakernas juga merekomendasikan agar jajaran Tiga Pilar Partai untuk tetap menjalankan program-program kerakyatan. Dimana para kader diminta tetap berpihak pada buruh, petani, hingga nelayan.

Hal itu dilakukan agar angka kemiskinan ekstrim bisa diperangi. Diharapkan angka kemiskinan ekstrim bisa menjadi 0 persen.

Selain itu, Rakernas juga mendorong agar sejumlah program penting digalakkan. Mulai dari pecegahan stunting hingga program menanam 10 tanaman pendamping beras. Dan secara tegas, Rakernas V PDIP mendesak Pemerintah bekerja keras menyediakan pekerjaan.

“Rakernas V Partai mendorong seluruh jajaran Tiga Pilar Partai untuk solid bergerak menjalankan program kerakyatan dengan meningkatkan keberpihakan kepada petani, nelayan, buruh, dan seluruh lapisan masyarakat lainnya guna memerangi kemiskinan ekstrim menjadi 0%, pencegahan stunting, menggalakkan program menanam 10 tanaman pendamping beras, dan menyediakan pekerjaan yang layak bagi rakyat,” tuturnya.

Lebih lanjut, dalam rekomendasi ini Rakernas juga mendorong kader untuk mempercepat kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Rakernas V Partai mendorong Tiga Pilar Partai untuk mempercepat kedaulatan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui Pokok-pokok Kebijakan Kedaulatan Pangan Partai sebagaimana telah direkomendasikan pada Rakernas IV Partai tahun 2023,” ujar Puan.

Sebagai informasi, Rakernas V PDIP digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent hadir langsung dalam Rakernas V Partai. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
29o
Kurs