Senin, 24 Juni 2024

Soal Sikap Politik PDIP, Megawati: Enak Aja, Gue Mainin Dulu Dong

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP saat pidato penutupan Rakernas V di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri akhirnya menjawab rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan yang menyerahkan sikap politik partai di dalam atau di luar pemerintahan kepada Ketua Umum DPP PDIP tersebut.

Megawati mengatakan kalau sikap politik PDIP didasarkan pada pemikiran yang akan membawa bangsa menjadi lebih baik, berdaulat, dan lebih berdiri di atas kaki sendiri. Kata dia, itulah landasan pilihan sikap politik PDIP.

Megawati menegaskan, sikap politik PDI Perjuangan tidak akan diputuskan secara terburu-buru sembari menghitung pergerakan politik.

“Kalau menit ini saya omongkan, kan, harus dihitung secara politik, lo,” kata Presiden kelima RI itu, lalu tersenyum saat menyampaikan pidato penutup Rakernas V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2024).

Megawati kemudian becanda ke wartawan peliput Rakernas V soal sikap politik PDI Perjuangan sebenarnya hal yang ditunggu awak media.

“Enak saja. Ini pasti wartawan yang ditunggu ini, sikap dari Rakernas V,” kata dia yang disambut tawa personel awak media dan para peserta Rakernas V.

Megawati lalu mengaku sudah membaca sebuah harian ternama saat sedang sarapan. Harian itu memberitakan sikap politik bakal disampaikan saat hari terakhir Rakernas V PDI Perjuangan.

Namun, dia mengaku tidak serta-merta menuruti narasi dari media karena Ketua Dewan Pengarah BPIP itu lebih dahulu mau memelihara isu tentang sikap politik PDI Perjuangan.

“Aku sambil sarapan. Aku bilang, enak saja. Iya, dong. Gue mainin dulu, dong,” ujar Megawati.

Dia kemudian menyarankan kepada kader untuk tidak merisaukan sikap politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan mendatang.

Megawati meminta kader untuk ke akar rumput menyiapkan semua hal demi memenangkan kandidat pada pilkada serentak 2024.

“Sudah, lah, turun ke akar rumput untuk persiapan pilkada ini. Digalang. Rakyat dikasih pengetahuan. Jangan enak-enak kamu,” katanya.

Sebelumnya, Rakernas V PDI Perjuangan memberikan kewenangan bagi Megawati untuk menentukan sikap politik partainya terhadap pemerintahan mendatang.

Hal itu seperti tertuang dalam rekomendasi Rakernas V PDI Perjuangan yang dilaksanakan dari Jumat (24/5) sampai Minggu (26/5).

Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan menjadi tokoh yang membacakan hasil rekomendasi Rakernas V di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Minggu.

“Rakernas V Partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan untuk menentukan sikap politik partai terhadap pemerintah,” ujar Puan. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
26o
Kurs