Senin, 17 Juni 2024

Sore Ini, Mahfud MD Pamit Mundur dari Kabinet Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Mahfud MD Menko Polhukam mengumumkan mundur dari jabatannya di sela kampanye akbar di Lampung Tengah, pada Rabu (31/1/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube

Joko Widodo Presiden dijadwalkan bertemu Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), sore hari ini, Kamis (1/2/2024), di Jakarta.

Pertemuan itu atas permintaan Mahfud yang ingin mengundurkan diri dari posisi Menko Polhukam masa tugas 2019-2024.

Dalam keterangannya, tadi pagi, di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah, Presiden mengatakan pengunduran diri dari posisi tertentu merupakan hak setiap jajarannya.

Jokowi mengaku sangat menghargai sikap yang diambil Mahfud MD selaku pembantunya di Kabinet Indonesia Maju serta calon wakil presiden yang akan berkontestasi di Pilpres 2024.

“Ya, itu hak, dan saya sangat menghargai sekali. Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud,” ujar Jokowi.

Informasi yang beredar di kalangan Pewarta Istana, Jokowi dan Mahfud akan bertemu di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, setibanya Presiden dari Jawa Tengah.

Sebelumnya, rencana Mahfud mundur dari Kabinet Indonesia Maju disampaikannya dalam diskusi Tabrak Prof, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Di hadapan audiens, dia bilang sebetulnya sudah ingin mengundurkan diri sebagai menteri sebelum mulai Debat Pilpres 2024 seri pertama di Gedung KPU RI.

Dengan status di luar pemerintahan, Mahfud merasa lebih leluasa membuka data-data ke publik terkait kepentingannya sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo.(rid/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs