Selasa, 14 Mei 2024

Timprov AMIN Jatim Sindir Prabowo, Sebut Ada yang Cepat Emosi saat Debat

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Prabowo Subianto calon presiden nomor urut 2 saat menjawab pertanyaan Anies Baswedan capres nomor urut 1 dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Fauzan Fuadi juru bicara Anies-Muhaimin (AMIN) Jawa Timur (Jatim) menilai debat ketiga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan seru dan panas dalam pertarungan adu gagasan.

Namun Fauzan menyoroti ada salah satu capres yang cempat emosi ketika sesi pertanyaan dan tanggapan. Sentilan Fauzan itu dialamatkan kepada Prabowo Subianto capres nomor urut 2 waktu menjawab pertanyaan dari Anies Baswedan capres nomor urut 1.

“Debatnya seru. Sayangnya ada yang cepat emosi,” kata Fauzan, Senin (8/1/2024).

Pada debat kemarin malam, Fauzan menyebut sikap Prabowo Subianto terkesan mengedepankan emosinya dibanding membantah dengan argumen waktu menjawab pertanyaan Anies.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini beranggapan, forum debat capres merupakan kesempatan emas untuk menampilkan performa yang baik dan membantah semua anggapan negatif dari masyarakat.

Termasuk penilaian tempramen yang kerap dialamatkan ke Prabowo. “Tujuan KPU menyelenggarakan debat apa? Ya adu gagasan, adu data, adu argumentasi. Supaya masyarakat bisa mengenali profil calon dan ide yang dibawa. Seharusnya tetap elegan, merespon dengan tenang,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Fauzan, Ketum Partai Gerindra itu menilai Anies berambisi untuk menjadi presiden, bahkan menyebutnya menggunakan cara tak terpuji dengan mengadu domba masyarakat.

“Malah (Prabowo) mengatakan jangan karena ambisi menjadi presiden, lalu mengadu-domba rakyat,” lanjutnya.

Melihat pernyataan Prabowo kepada Anies seperti itu, Fauzan menyebut bila ambisi menjadi presiden itu lebih tepat bila ditujukan kepada Prabowo karena beberapa kali mengikuti kontestasi pilpres.

Menteri Pertahanan itu tercatat empat kali naik di podium debat, pada 2009 berpasangan dengan Megawati, pada 2014 bersama Hatta Rajasa, pada 2019 menggandeng Sandiaga Uno, dan Pemilu 2024 berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

“Lho, ambisi itu kalau masuk gelanggang yang sama berkali-kali karena penasaran ingin menang, itu baru ambisi,” pungkasnya.

Sementara itu Indra Nur Fauzi Sekretaris TKD Prabowo-Gibran Jatim mengatakan, pada debat kali ini, Prabowo menguasai tema.

Apalagi tema yang dibahas sesuai dengan keahlian Prabowo, yakni mulai dari keamanan, pertahanan, hubungan internasional hingga isu-isu luar negeri.

“Jadi, saya kira ini tema, topiknya beliau. Kita lihat tadi, walaupun dipancing di awal, Pak Prabowo tetap dengan santai, walaupun terkesan dengan nada tinggi, ya itulah Pak Prabowo, tetapi sebenarnya menanggapi semua respons,” ucap seusai menonton debat, Minggu (7/1/2024).

Meskipun menurutnya paslon lain ada yang mencoba memancing emosi, tetapi dalam debat sesi ketiga ini Capres nomor urut 02 bisa menjawab dengan baik.

“Kita lihat Pak Prabowo tidak cukup responsif dengan hal-hal tersebut. Beliau fokus pada tema utama yang memang menjadi tema diskusi,” katanya. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
29o
Kurs