Jumat, 29 Maret 2024

Muslim Boleh Tidak Puasa Selama Perjalanannya Mencapai 80 Mil

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Pemudik saat Hari Raya Idul Fitri. Foto: Dok suarasurabaya.net

Maruf Amin Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan para pemudik muslim boleh tidak berpuasa selama perjalanan dan menggantinya di hari lain di luar bulan Ramadhan.

“Boleh selama perjalanannya mencapai jarak 80 mil atau 85 kilometer lebih,” kata Maruf saat ditemui di acara “Tausiyah Majelis Ulama Indonesia Menyambut Idul Fitri 1437 Hijriyah” di kantornya Jakarta, Jumat (1/7/2016).

Menurut dia, keringanan atau rukhsah tersebut berlaku untuk pemudik dengan segala moda transportasi, baik darat, laut dan udara. Artinya, apapun moda transportasinya boleh tidak berpuasa selama jarak yang ditempuh memenuhi kriteria 85 kilometer.

Dia mengatakan pemudik yang memenuhi kriteria rukhsah itu memiliki kendala selama perjalanan sehingga hal ini menjadi salah satu dasar diperbolehkannya tidak berpuasa.

Kendati demikian, Maruf mengatakan pemudik untuk tetap menjaga shalatnya karena, tidak seperti puasa, shalat tidak bisa ditinggalkan atau diganti dengan hari lain.

“Dan jangan lupa shalat. Silaturahim itu bagus, tapi shalat dilakukan secara tertib dan jangan sampai ditinggalkan,” kata dia, seperti dilansir Antara.

Shalat, kata dia, hanya boleh digabung-ringkas (jamak-qashar) selama perjalanan mudik diringkas di hari yang sama dengan jarak tempuh minimal 85 kilometer.

Dalam imbauannya, Maruf mengharapkan pemudik untuk menjaga ketertiban selama mudik.

“Pemudik supaya tertib dan di jalan jangan sampai ada yang menggunakan kendaraan melebihi kecepatan. Pemotor yang rawan juga jangan menggunakan kecepatan berlebihan, supaya selamat dalam perjalanan sampai ke tujuan,” kata dia.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs