Senin, 3 Juni 2024

Pilwali Kota Surabaya 2015 Kini dalam Genggaman

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Website dan salah satu aplikasi Aplikasi Pilawali Surabaya 2015 yang sudah bisa diakses oleh masyarakat. Foto: ilustrasi

Aplikasi pemenang #Pahlawan Muda Apps Challenge Pilwali Surabaya tahun 2015, Code for Vote 3.0, sudah dilaunching, Senin (23/11/2015).

Empat aplikasi tentang Pilwali Kota Surabaya kini sudah bisa diunduh di Play Store melalui ponsel cerdas bersistem android.

Tidak hanya itu, masyarakat Surabaya juga dapat mengakses website http://pilwalisurabaya2015.net, yang merupakan hasil pengembangan dari salah satu aplikasi pemenang #Pahlawan Muda Apps Challenge.

Purnomo Satriyo Pringgodigdo Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Surabaya mengatakan, tiga aplikasi masih dalam proses pengembangan.

“Masih proses. Segera kami masukkan dalam Play Store,” katanya kepada suarasurabaya.net, usai melaunching aplikasi dan website, Senin.

Dengan diluncurkannya empat aplikasi tersebut, kata Purnomo, kini Pilwali 2015 tidak saja menyenangkan, tapi juga sudah dalam genggaman masyarakat Kota Surabaya.

“Ini adalah wujud upaya kami agar Pilwali Kota Surabaya semakin transparan,” ujarnya.

Aplikasi ini tidak hanya bisa dinikmati masyarakat Surabaya saja, juga masyarakat di kota dan daerah lainnya.

“Karena aplikasi-aplikasi ini menyenangkan dan informatif,” katanya.

Menyenangkan, karena menurut Purnomo beberapa aplikasi pemenang termasuk dalam kategori aplikasi permainan (games).

“Sehingga bisa dimainkan oleh siapa saja,” ujarnya.

Aplikasi dan website tersebut juga informatif, karena menurutnya, aplikasi-aplikasi pemenang memang sudah memuat data-data publik terkait pemilu.

“Ini pertama kalinya penyelenggara Pilkada melakukan engagement dengan IT developer dan melakukan program open data demi keterbukaan informasi,” ujarnya.

Purnomo berpendapat, keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut merupakan wujud bahwa saat ini partisipasi bukan hanya diukur pada saat pemilihan di TPS.

“Tapi partisipasi juga terlihat dengan terlibatnya masyarakat dalam proses penyelenggaraan Pemilihan,” katanya.

KPU Kota Surabaya bersama-sama dengan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), serta didukung oleh Radio Suara Surabaya telah menyeleksi delapan aplikasi pemenang dari 59 aplikasi yang masuk.

Delapan pemenang itu antara lain satu aplikasi dengan kategori crowd sourcing, dua aplikasi dengan kategori disabilitas, satu aplikasi dengan kategori perempuan, dua aplikasi kategori permainan, dan dua aplikasi berkategori pemantauan.

Berikut nama aplikasi pemenang #Pahlawan Muda Apps Challenge. Perlombaan pertama yang diadakan oleh KPU Daerah di Indonesia.

Kategori Crowd Sourcing:
– Nyoblos Rek!

Kategori Disabilitas:
– Suara Rakyat Surabaya
– Suaraku

Kategori Female:
– Pemilu TAP

Kategori Permainan:
– Menuju TPS
– Surabaya in Election

Kategori Pemantauan:
– Unfair
– Kenali Pemilu. (den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 3 Juni 2024
29o
Kurs