Minggu, 5 Mei 2024

Pj Walikota Surabaya Ingatkan KPU Hati-hati Gunakan APBD

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Nurwiyatno Pj Walikota Surabaya didampingi Robiyan Arifin Ketua KPU Kota Surabaya saat meninjau contoh APK dua pasangan calon. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Nurwiyatno Penjabat (Pj) Walikota Surabaya meminta KPU Kota Surabaya untuk berhati-hati dalam menggunakan uang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di Pilwali 2015 ini.

Nur telah menugaskan Inspektorat Kota Surabaya untuk mengawal KPU Kota Surabaya dalam menggunakan anggaran untuk tahapan Pilwali.

“Saya minta Inspektorat Kota, untuk memantau pelaksanaan anggaran di KPU, supaya mengikuti norma yang ada. Insyaallah kalau semua berjalan, maka baik-baik saja,” ujarnya di Kpu Kota Surabaya, Jumat (9/10/2015).

Nur sangat yakin bila KPU Surabaya sangat hati-hati menggunakan APBD di Pilkada ini. Sebab, beberapa hal sudah dalam koridor transparansi.

“Misalnya, seperti lelang, KPU sudah kerjasama dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Surabaya. Saya kiira semuanya sudah sesuai dengan normanya. Insyallah kalau dilaksanakan tidak ada apa-apa,” katanya.

Peringatan ini, kata Nur, penting karena memang ini awal Pilkada serentak menggunakan uang APBD. “Saya sudah ngomong ke temen-temen KPU, ternyata KPU juga sudah melangkah dengan melakukan kerjasama dengan BPKP juga,” katanya.

Dalam kunjungan ke KPU Kota Surabaya, Nurwiyatno banyak berdiskusi soal pemantapan persiapan Pilwali 9 Desember. Sebab, target dia menjabat Pj di antaranya adalah menyukseskan Pilwali Surabaya yang jauh dari golput.

“Saya tidak hanya kepada KPU dan Panwaslu, saya juga ke Media dan Forpimda untuk saling bekerjasama dalam meningkatkan suara pemilih lebih baik daripada tahun lalu,” katanya.

Dalam waktu dekat, dia juga menggelar sosialisasi untuk mengoptimalkan partisipasi publik.

“Kami akan mengundang camat, lurah, sampai tingkat RW untuk duduk bersama Forpimda untuk sosialisasi,” katanya.(bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs