Kamis, 16 Mei 2024

Rasiyo dan Risma Perang Survei di Hari Tenang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rasiyo-Lucy dan Risma-Whisnu saat debat publik 27 November lalu. Foto: Denza/Dok. suarasurabaya.net

Dua hari jelang pemungutan suara di Pilwali Surabaya, dua tim pasangan calon Rasiyo-Lucy dan Risma-Whisnu masing-masing merilis hasil survei dan mengklaim saling unggul.

Tim Survei Surabaya Satu yang menggelar survei pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari menempatkan pasangan urut satu ini, sebagai pemenang di Pilwali Surabaya. Berdasarkan hasil survei yang digelar pihaknya pada pertengahan November lalu, di hari coblosan tanggal 9 Desember 2015 nanti, Rasiyo-Lucy akan meraup 61 persen suara dan Risma-Whisnu akan terjun bebas di angka 36 persen.

Hendy Kurniawan Koordinator Surabaya Satu mengatakan, peluang Rasiyo-Lucy menjadi pemenang Pilwali cukup besar. Sebab, dari seribu responden di 31 kecamatan se-Surabaya, pasangan Rasiyo-Lucy unggul dari Risma-Whisnu. Obyek survei, mayoritas pemilih pemula di usia 20 hingga 30 tahun.

“Rasiyo-Lucy unggul 61 persen dan Risma-Whisnu 36 persen. Tapi hasilnya bisa saja berbeda saat coblosan. Karena masih ada swing voters sekitar 10 persen. Untuk margin of error sekitar 3 persen,” katanya, Senin (7/12/2015).

Tak mau kalah, dengan paslon nomor 1, Tim Risma-Whisnu juga merilis hasil survei yang dibiayai PDIP yaitu lembaga Surabaya Consulting Grup (SCG) dan Indo Barometer. Hasil survei dua lembaga survei ini menempatkan Risma-Whisnu sebagai pemenang.

SCG menyebut, pasangan patahana yang diusung PDIP ini akan meraup suara 94 persen dan Rasiyo-Lucy hanya enam persen saat coblosan digelar 9 Desember nanti.

Sedangkan, Indo Barometer juga menempatkan Risma-Whisnu sebagai pemenang, dengan hasil 82,3 persen. Untuk Rasiyo-Lucy, Indo Barometer menyebut angka 4,5 persen dan 12,9 persen calon pemilih belum memutuskan pilihannya.

‎”Sehingga bisa dikatakan, potensi elektabilitas Risma-Whisnu berdasarkan Indo Barometer adalah 93,5 persen dan Rasiyo-Lucy 6,5 persen,” ujar Didik Parsetiyono juru bicara Risma-Whisnu dalam konferensi pers di Jalan Kapuas.(bid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs