Rabu, 22 Mei 2024

Hatta Tanya Kalpataru, JK Itu Keliru Harusnya Adipura

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Hatta Rajasa, Calon wakil presiden nomor urut 1, sempat salah bertanya soal penghargaan lingkungan untuk kota dalam debat calon presiden-wakil presiden di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat, Sabtu (5/7/2014) malam.

Hatta yang menanggapi jawaban Jokowi sempat berusaha menyerang Jokowi soal DKI Jakarta yang tahun ini tidak mendapat kalpataru. Padahal, katanya, Jakarta langganan penghargaan itu. Solo juga belum pernah mendapatkannya.

Pernyataan Hatta itu langsung disanggah Jusuf Kalla. “Pertanyaan bapak bagus, tapi keliru. Harusnya adipura,” ujar Kalla.

Ketika dipersilakan moderator untuk menanggapi pernyataan Kalla, Prabowo dan Hatta memilih bungkam. Padahal, waktu untuk bertanya masih tersisa.

Pernyataan Hatta yang sempat keliru ini awalnya dimulai dari pandangan soal penghargaan Kalpataru. “Banyak kota menginginkan penghargaan tertinggi atau Kalpataru. Seberapa jauh pandangan soal ini dan upaya mencapainya,” kata Hatta.

Ketika itulah Jokowi memaparkan penghargaan tersebut harus diberikan bukan hanya piala, namun juga insentif anggaran. Dengan begitu, masyarakat akan berlomba-lomba untuk memperbaiki lingkungannya.

Sementara itu, pernyataan Hatta Rajasa yang tak bisa membedakan antara adipura dan kalpataru ini langsung di-bully di jejaring sosial Twitter.

Para pengguna Twitter ramai menyayangkan Hatta yang tak bisa membedakan Adipura dan Kalpataru. @yoseph_adip, menulis “Pasangan nomer satu disuruh debat mlh ngelawak plesetan. Ceritanya adipura dipelesetin jd kalpataru. Lucu sih”.

“Udah masa tenang kan.. siapapun yg menang semoga bisa bedain adipura n kalpataru ya.. eh salah semoga Indonesia semakin Baik.. amiinnn,” ciut @permatacindyd.

Akun @candrarock menulis “Pak @hattarajasa pegang mana argentina apa belgia? Taruhan yuk, klo menang dapat kalpataru lho”.

“Mau bahas Adipura malah Kalpataru, padahal beda banget, bukankah dia elite pemerintah? kompetennya dimana coba?,” tulis Sahabat_Sony

@imandnugroho juga mengatakan “Kalpataru Adipura, Kalau tanya saja keliru, gimana bisa juara,..” (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
26o
Kurs