Minggu, 5 Mei 2024

Jokowi atau Prabowo Bergantung Kekuatan Tim Pemenangan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Muhammad Asfar, pengajar ilmu politik pada Universitas Airlangga Surabaya memperkirakan dukungan bagi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan menguat di kawasan Tapal Kuda. Ini karena banyaknya ulama NU yang kini lebih memilih bergabung ke pasangan Prabowo-Hatta.

“Saya memperkirakan Prabowo-Hatta ini akan kuat di Tapal Kuda. Apalagi di Madura, figurnya sangat kuat. Orang Madura karakternya milih pemimpin yang tegas,” kata Asfar, Rabu (28/5/2014).

Pengaruh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di daerah Tapal Kuda, dinilai juga masih kalah dengan pengaruh beberapa tokoh NU yang kini mendukung Prabowo.

Tapal Kuda yang didominasi warga NU taat, kemungkinan lebih memilih arahan kiai ketimbang PKB. Apalagi, Mahfud MD adalah tokoh asal Madura.

Meski begitu, secara umum, Asfar melihat kekuatan Prabowo dan Jokowi relatif berimbang. Kemenangan keduanya, kata Asfar, tergantung sejauh mana kedua tim mampu memanfaatkan dukungan sejumlah tokoh.

“Tokoh yang masuk baik ke Jokowi maupun Prabowo memiliki basis massa masing-masing, sekarang tinggal bagaimana mereka bisa diefektifkan,” kata dia. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs