Selasa, 30 April 2024

KPU Sumenep Kembali Buka 258 Kotak Suara

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, membuka 258 kotak suara Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2014 untuk mengambil lima dokumen guna dijadikan alat bukti persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Malik Mustofa Komisioner KPU Sumenep mengatakan, untuk kedua kalinya KPU Sumenep diperkenankan untuk membuka kotak suara guna mengambil sejumlah dokumen untuk dijadikan barang bukti.

“Untuk kedua kalinya setelah diperkenankan oleh MK, kami membuka kotak suara guna mengambil sejumlah dokumen di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) guna dijadikan alat bukti. Pada Rabu ini, kami akan membuka 258 kotak suara,” kata komisioner KPU Sumenep, Malik Mustofa di Sumenep, seperti yang dilansir Antara, Rabu (13/8/2014).

Sebelumnya pada Minggu (10/8/2014) lalu, KPU Sumenep membuka 114 kotak suara Pilpres 2014 guna mengambil dokumen di tingkat TPS untuk dijadikan alat bukti sidang perselisihan hasil pilpres di MK.

“Pada pembukaan kotak suara kali ini, kami akan mengambil lima dokumen di tingkat TPS, di antaranya daftar hadir pemilih dan formulir pindah pilih (form A5). Kotak suara yang kami buka pada Rabu ini merupakan kotak suara dari 258 TPS yang tersebar di 24 kecamatan,” ujarnya.

Pembukaan kotak suara tersebut, kata dia, terkait dengan materi gugatan hasil Pilpres 2014 yang diajukan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ke MK.

“Mereka menduga ada perbedaan jumlah antara perolehan suara pasangan calon secara keseluruhan dengan pemilih hadir serta jumlah pemilih yang masuk kategori daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb),” ucapnya.

Malik menjelaskan bahwa pihaknya akan menyerahkan dokumen yang diambilnya dari 258 kotak suara tersebut ke KPU RI dan untuk dijadikan alat bukti di MK.

“Pada Jumat (15/8), berkas-berkas dari 258 kotak suara yang dibuka tersebut sudah harus diterima oleh KPU RI. Kami akan berusaha menyelesaikan pembukaan 258 kotak suara untuk mengambil dokumen yang dibutuhkan itu pada Rabu ini juga,” katanya, menambahkan.

Pembukaan 258 kotak suara yang dilakukan oleh KPU Sumenep tersebut disaksikan oleh panitia pengawas pemilu (panwaslu), saksi dari dua pasangan calon Pilpres 2014, dan di bawah pengamanan polisi.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs