Jumat, 3 Mei 2024
Persiapan Pilpres 2014

Komisioner KPU Tinjau Produksi dan Distribusi Surat Suara

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Seluruh komisioner KPU berbagi tugas untuk memantau percetakan dan distribusi suara. Arif Budiman Komisioner KPU kebagian tugas untuk memantau percetakan surat suara di wilayah Jawa Timur.

Dihubungi Radio Suara Surabaya Sabtu (14/06/2014), Arif melakukan peninjauan di 2 lokasi, yakni Surabaya dan Gresik. Di Surabaya, rekanan KPU dalam percetakan dan distribusi surat suara ada di PT DAI Margomulyo sedangkan di Gresik ada di PT Temprina.

“Sejauh ini dua tempat tersebut memenuhi jadwal. Diharapkan dua hari kedepan proses cetak selesai, setelah itu sortir dan pengepakan. Tanggal 25-26 Juni 2014 harus sudah didistribusikkan di Kabupaten Kota, ” Kata Arif.

Dua rekanan KPU ini akan mencetak dan mendistribusikan surat suara di lokasi yang berbeda. PT DAI akan mensupply wilayah Jawa Timur dan Kalimantan Timur. Sedangkan PT Temprina akan mensupply wilayah Papua dan Kalimantan Selatan.

Proses sortir surat suara juga tidak luput dari pengawasan KPU. Hal ini untuk memastikan, tidak ada surat suara yang rusak saat di distribusikan.

“Saya mengawasi betul, bagaimana perusahaan mensortir surat suara, mulai dari bagaimana surat suara disimpan sampai bagaimana surat suara dimusnahkan,” Imbuh Arif.
Jumlah surat suara juga harus sesuai, sehingga tidak ada lagi kekurangan surat suara.

Berdasarkan undang-undang. seluruh distribusi logistik Pemilu paling lambat harus sampai di TPS pada tanggal 8 Juli 2014. Melihat kesiapan rekanan KPU di Jawa Timur, Arif optimis,logistik Pemilu kali ini bisa sampai tepat waktu. (ras/wak)

-Teks Foto:
Kertas Suara Pemilu
-Foto:
Ilustrasi.

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs