Senin, 20 Mei 2024

Mahfud MD akan Pengaruhi Suara NU pada Pilpres

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Terpilihnya Mahfud MD sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dinilai akan membawa pengaruh besar bagi kaum Nahdliyin. Basis-basis Nahdlatul Ulama (NU) dinilai akan condong ke Prabowo. Apalagi, Mahfud juga didukung beragam kiai besar.

Kiai Abdul Qodir Syah, Ketua Pengurus Tanfidz PCNU Bondowoso misalnya, dia menilai masuknya Mahfud akan membuat kaum nadhliyin dengan mudah menerima pasangan ini. “Di Bondowoso misalnya, saat ini pasangan Prabowo-Hatta dengan mudah bisa diterima,” kata Abdul Qodir, dalam sebuah diskusi, Selasa (26/5/2014).

Secara kelembagaan, kata Abdul Qodir, NU memang tak akan menggarahkan dukungan, tapi dengan masuknya Mahfud dinilai akan memperjelas ke mana arah dukungan warga NU dalam pilpres mendatang.

Sementara itu, Mutawakil Alallah, Ketua PWNU Jawa Timur memastikan secara kelembagaan, NU tetap akan netral. “Tapi jika ada pengurus NU yang memberikan dukungan bagi salah satu calon ya silakan saja itu hak masing-masing,” kata Mutawakil.

Karenanya, jika ada pengurus NU baik tingkat Pengurus Besar, Pengurus WIlayah, hingga ke Ranting yang memberikan dukungan, Mutawakil memastikan jika dukungan itu adalah dukungan pribadi dan tidak atas nama organisasi. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs