Sabtu, 18 Mei 2024

Menlu AS Ucapkan Selamat Pada Jokowi

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Ucapan selamat kepada Joko Widodo (Jokowi) yang telah memenangkan Pilpres 2014 terus mengalir. Setelah memperoleh ucapan selamat dari Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono sebagai kepala negara pertama yang menyampaikan ucapan selamat, disusul ucapan selamat dari beberapa negara sahabat, Malaysia, Brunei, Philipina dan negara ASEAN lainnya.

Anies Baswedan Juru Bicara Jokowi – JK, mengatakan, John Kerry sebagai Menteri Luar Negeri Amerika juga menyampaikan ucapan selamat kepada presiden Indonesia terpilih Joko Widodo.

Masyarakat Indonesia dianggap kembali memperlihatkan komitmen terhadap proses demokrasi melalui pemilu yang bebas dan adil. Selepas pemilihan tanggal 9 Juli lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merampungkan perhitungan suara resmi dan mengumumkan presiden terpilih sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Undang-undang pemilu dan hukum di Indonesia.

Amerika Serikat dan Indonesia, negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia, memiliki banyak persamaan nilai, termasuk penghormatan terhadap hak asasi manusia dan penegakan hukum.

Kedua bangsa telah bekerja keras untuk membangun Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, yang telah memperkuat hubungan bilateral serta mendorong kerja sama yang lebih erat lagi dalam menghadapi tantangan bersama baik dalam tataran regional maupun internasional.

AS berharap dapat bekerjasama dengan presiden terpilih Joko Widodo dan berupaya untuk meningkatkan kemitraan, memajukan cita-cita kita bersama, serta mengembangkan hubungan antar masyarakat kedua negara, kata Anies Baswedan. (jos/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs