Minggu, 19 Mei 2024

Peluang ARB Dampingi Jokowi Masih Terbuka

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Peluang Aburizal Bakrie (ARB) untuk menjadi calon wakil presiden masih terbuka jika partai itu serius berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

“Dalam perspektif elektoral, koalisi PDI Perjuangan dan Golkar memiliki kans yang besar,” kata Wahyudi, pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Malang, dalam pernyataan persnya, Sabtu (17/5/2014).

Menurut dia, secara elektoral, kedua pasangan memiliki modal suara yang besar. Pasangan Jokowi-ARB jika didukung mesin PDIP dan Golkar yang berjalan dinamis, dipastikan akan berpeluang untuk membuat pasangan ini memenangkan pertarungan pada pilpres.

“Tapi dengan satu catatan, yaitu PKB dan Nasdem bisa lapang dada menerima ARB,” kata dia. Menurut Wahyudi, target Golkar yang kini mulai menurunkan posisi ARB dari Capres menjadi Cawapres dinilai menjadi pintu masuk bagi koalisi keduanya.

Duet dua tokoh ini, kata Wahyudi, dinilai lebih berpeluang apalagi di internal kalangan pengusaha ada dorongan kuat untuk menduetkan keduanya.

Wahyudi juga menilai, krisis figur yang kini dialami Golkar setidaknya bisa dimanfaatkan oleh PDI Perjuangan untuk bisa merekrut salah satu kader dari Golkar untuk diduetkan dengan PDI Perjuangan.

“PDIP pasti mempertimbangkan kekuatan Golkar yang kini sedang krisis figur yang elektabilitasnya bagus untuk dikontestasikan di Pilpres 9 Juli 2014,” ujarnya. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
30o
Kurs