Jumat, 3 Mei 2024

Petani Jatim Sepakat Dukung Jokowi-JK

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Dinilai aspiratif dengan nasib para petani dan punya visi-misi jelas, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) di dukung Sekretariat Nasional (Seknas) Tani Jokowi.

Dukungan itu disampaikan Seknas Tani Jokowi dalam Deklarasinya di Surabaya, Minggu (1/6/2014).

Basuki Rachmat Deklarator Seknas Tani Jokowi mengatakan, para petani di Jawa Timur, sepakat mendukung Jokowi-JK karena komitmennya, untuk menerapkan pemnbaruan agraria. “Selain itu, Jokowi-JK juga berkomitmen, untuk meningkatkan askes petani gurem pada kepemilikan lahan sampai 20 hektar per KK tani,” ujar Basuki.

Dengan sembilan agenda prioritasnya (nawa cita), pasangan Jokowi-JK juga tegas membangun kedaulatan pangan Indonesia berbasis pertanian rakyat.

Menurut Basuki, dalam komitmen yang sudah disampaikan pada para petani, Jokowi-JK juga berkomitmen menanggulangi kemiskinan pertanian dan mendukung regenerasi petani, lewat pencanangan 1.000 desa berdaulat sampai 2019.

Pasangan capres-cawapres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan PKB, Nasdem juga Hanura itu, dinilai para petani juga punya komitmen jelas, untuk membangun irigasi, bendungan, sarana jalan, tranaportasi serta pasar yang sangat diperlukan para petani di semua daerah.

Ditegaskan Basuki Rachmat Deklarator Seknas Tani Jokowi, organisasinya sengaja tidak mendukung pasangan Prabowo-Hatta, karena dari dua pasangan capres yang ada, komitmen dan kedekatan emosional para petani di Jawa Timur lebih cenderung pada pasangan Jokowi-JK.

“Kami tidak ingin hanya dapat janji dan kepalsuan yang selama ini sudah kami rasakan, tapi kami ingin bukti nyata dari pemimpin bangsa ini di masa mendatang,” ungkap Basuki. (tas/rst)

Teks Foto :
– Deklrasi Seknas Tani Jokowi dalam di Surabaya, Minggu (1/6/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs