Selasa, 30 April 2024

Polda Jatim Berangkatkan Dua Kompi Brimob Back Up Pegamanan di Jakarta

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Irjen Pol Unggung Cahyono Kapolda Jatim saat melepas pasukan untuk diberangkatkan ke Jakarta di Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Sebanyak 220 personel Sat Brimob Polda Jatim di berangkatkan ke Jakarta untuk melakukan back up pengamanan. Dua satuan setingkat Kompi (SSK) ini diperbantukan untk melakukan pengamanan kota saat rekapitulasi Pilpres di KPU Pusat.

Pantauan suarasurabaya.net, ratusan personel diberangkatkan dari stasiun Pasar Turi, Surabaya, dan berangkat ke Jakarta menggunakan Kereta Api Gumarang, Sabtu (19/7/2014) sekitar pukul 15.00 WIB. Semua perlengkapan yang dibutuhkan saat di Jakarta juga diberangkatkan menggunakan kereta api.

Irjen Pol Unggung Cahyono Kapolda Jatim mengatakan personel yang diberangkatkan, akan bertugas selama 10 hari di Jakarta. Selama disana, personel dibawah komando POlda Metro Jaya. Nantinya, satu kompi akan ditempatkan di kawasan Monas, dan satu kompi lainnya di tempatkan di kawasan Tanjuk Priok, Jakarta Utara.

“Sore ini kita berangkat dua SSK Brimob, dan akan bertugas selama 10 hari ke depan. Tugas mereka pada intinya back up Polda Metro untuk melakukan sispamkota (sistem pengamanan kota). Jika terjadi apa-apa, pergeseran mereka lebih cepat,” kata Irjen Pol Unggung Cahyono kepada wartawan, Sabtu (19/7/2014).

Dia menambahkan, pasukan yang dikirim ini mempunyai dua kemampuan yakni, anti anarkis dan PHH. “Saya minta untuk masing-masing kompi, Kompi Madiun dan Kompi Malang tunduk pada SOP yang ada dalam pelaksanaan pengamanan,” ujarnya.

Kapolda juga meminta kepada ratusan pasukan yang dikirim untuk memperhatikan perlengkapan dan persenjataan yang dibawa. Dia juga menegaskan agar dalam penggunaan peluru senjata menggunakan peluru hampa dan karet.

“Saya minta penggunaan senjata api, terutama kompi anarkis. Saya minta peluru tajam hanya perwira setingkat pangkat kompol yang bawa,” kata Unggung.

Sekadar diketahui, selain pasukan Brimob Jawa Timur juga ada 8 Polda lainnya yang juga mengirimkan personel ke Jakarta, diantaranya Polda Jabar 2 SSK, Banten 1 SSK, Jateng 3 SSK, Lampung 2 SSK, Kaltim 2 SSK, DI Yogyakarta 2 SSK, Sumsel 2 SSK dan Bali 2 SSK. (wak)

Teks Foto:
– Ratusan personel Brimob diberangkatkan ke Jakarta di Stasiun Pasar Turi, Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs