Kamis, 28 Maret 2024

Hadiri Maulidan di Pekalongan, Jokowi Ajak Umat Teladani Rasulullah SAW

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Hari Pahlawan di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11/2018) malam. Foto: Setpres

Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo, Kamis (22/11/2018) malam menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah dan Hari Pahlawan di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Tiba di lokasi acara sekira pukul 19.40 WIB, Presiden yang juga calon presiden nomor urut 01 pada Pilpres 2019 itu disambut Yaqut Cholil Quomas Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, dan ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak semua pihak merenung lebih dalam bahwa Nabi Muhammad SAW diutus Allah untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Rasulullah juga membawa umat manusia keluar dari dhulumat (kegelapan) menuju nur (terang benderang).

“Sebuah tugas yang Nabi Muhammad SAW lakukan dengan cara-cara santun, dengan cara-cara lembut, dengan cara-cara yang penuh dengan kasih sayang,” ujar Presiden yang diamini seluruh peserta.

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, Presiden menuturkan, sudah sepatutnya mengikuti teladan Rasulullah. Antara lain teladan berakhlak baik, teladan mengemban misi rahmatan lil alamin, dan teladan dalam menjaga ukhuwah di kalangan warga masyarakat.

“Ukhuwah yang tanpa membeda-bedakan latar belakang agama, ukhuwah yang tanpa membeda-bedakan status sosial, ukhuwah yang tanpa membeda-bedakan pandangan politik, seperti yang beliau lakukan saat memimpin di Madinah,” lanjutnya.

Selain itu, kepada para hadirin Jokowi juga mengingatkan agar terus beristiqomah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia mengajak umat berhijrah dari sikap egois yang mau menang sendiri ke sifat yang peduli terhadap sesama.

“Hijrah dari sifat-sifat pendendam kepada sifat-sifat yang penuh kasih sayang, hijrah dari sifat-sifat pemarah kepada sifat-sifat yang penuh dengan kesabaran, hijrah dari sifat-sifat senang kegaduhan ke sifat-sifat yang penuh dengan kerukunan,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan rasa senangnya dapat berada di tengah keluarga besar GP Ansor yang selalu berada di baris terdepan menjaga Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Undang-Undang Dasar 1945, dan menjaga Indonesia dari aksi separatisme dan terorisme.

“GP Ansor menunjukkan bahwa bangsa kita mewarisi keberanian para pejuang, ketulusan para pahlawan. GP Ansor tidak mudah ditakuti, itulah semangat asli bangsa Indonesia. Kita harus berani menunjukkan bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia dan tidak bisa digantikan oleh ideologi-ideologi yang lain, apalagi ideologi hasil impor,” ucap Presiden.

Di penghujung sambutannya, Presiden berpesan kepada GP Ansor untuk selalu bersabar dalam menghadapi setiap tantangan.

Jokowi mengajak GP Ansor untuk meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok sendiri, menjaga marwah ulama dan organisasi, terus melakukan syiar keislaman dan keindonesiaan, selalu bermunajat dalam kebaikan, kedamaian, kesejahteraan, dan kemakmuran yang juga dilakukan oleh nabi, syuhada, aulia, dan para pahlawan.

“Jangan pernah jauh dari para kiai, dari para ulama, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara. Kepada seluruh kader GP Ansor dengan mengikuti jalan kemuliaan Nabi, Insyaallah bangsa kita yang besar akan terus bergerak maju. Maju dalam pekerjaan besar kita untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, maju dalam pekerjaan besar kita untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, maju dalam pekerjaan besar kita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang baldatun thoyyibatun wa rabun ghofur,” seru Jokowi.

Dalam acara itu, Presiden dan Iriana didampingi Habib Luthfi bin Yahya, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, Teten Masduki Koordinator Staf Khusus Presiden, dan Abdul Ghofar Rozin Staf Khusus Presiden. (rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs