Selasa, 21 Mei 2024

KPU Menetapkan Tujuh Orang Panelis Debat Pilpres Perdana Tahun 2019

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat pengundian nomor urut di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), malam hari ini, Jumat (21/9/2018). Foto: Istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan jadwal pelaksanaan debat publik pertama pasangan calon presiden periode 2019-2024, Kamis tanggal 17 Januari 2019, bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Debat terbuka yang diikuti pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengangkat tema Penegakan Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemberantasan Korupsi, dan Terorisme.

Sehubungan dengan tema itu, Komisioner KPU bersama tim kampanye pasangan capres nomor urut 01 dan 02, bersepakat menunjuk tujuh orang pakar sebagai panelis.

Masing-masing Prof.Hikmahanto Juwana, Prof.Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Bavitri Susanti, Adnan Topan Husodo, Bambang Widjojanto, dan Margarito Kamis.

“Ketujuh panelis itu merupakan pakar di bidang hukum, sesuai tema debat. Dan, mereka sudah mengonfirmasi kesediaannya,” kata Arief Budiman Ketua KPU, Sabtu (29/12/2018), di Jakarta.

Sebetulnya, lanjut Arief, panelis itu ada delapan. Tapi, sampai sekarang satu panelis dari unsur Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), belum ada yang menyatakan bersedia.

Sekadar diketahui, debat perdana pasangan capres akan disiarkan TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV. Imam Priyono dan Ira Koesno terpilih sebagai moderator debat pembuka. (rid/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs