Sabtu, 20 April 2024

PAN Kalsel Dukung Jokowi-Ma’ruf, TKD Capres 01 Ajak Kiai Ma’ruf Menyambangi Kalsel

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
KH Ma'ruf Amin cawapres nomor urut 01. Foto: imgcop

Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pasangan capres nomor urut 01 mengklaim berhasil mengajak Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalihkan dukungan dari pasangan Prabowo-Sandiaga capres nomor urut 02.

Atas ‘keberhasilan’ itu, Ghimoyo Ketua TKD Kalimantan Selatan, Senin (10/12/2018) malam, mendatangi kediaman KH Ma’ruf Amin cawapres nomor urut 01, di Rumah Situbondo , Menteng, Jakarta Pusat.

Selain melaporkan kondisi terakhir, TKD ingin agar Kiai Ma’ruf berkunjung untuk ‘melembutkan hati’ warga di Kalses.

Kiai Ma’ruf menerima Ghimoyo dan rombongan TKD lainnya di ruang tamu kediamannya. Kepada pria yang akrab disapa Abah Ma’ruf itu, Ghimoyo melaporkan soal bergabungnya PAN menjadi pendukung Jokowi-Kiai Ma’ruf.

“Dengan bergabungnya PAN Kalsel ini adalah wujud dari persahabatan serta silaturahmi selama ini. Ini semakin menguatkan kemenangan Pak Jokowi dan Abah di Kalsel,” kata Ghimoyo.

Menurutnya, DPW PAN Kalsel merasakan betul kerja dan program pemerintahan Pak Jokowi. Masyarakat juga merasakan.

“PAN tentu tidak mau berbeda dengan masyarakat yang mayoritas memilih Pak Jokowi dan Abah Ma’ruf,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan TKD akan terus bergerak memperbesar basis dukungan untuk pasangan nomor urut 01 itu. Komunikasi dengan elemen masyarakat maupun ormas politik di sana akan terus dilakukan.

Satu hal lagi, dari hasil serap aspirasi di lapangan, ternyata ada kerinduan mendalam dari warga masyarakat di Kalimantan Selatan terhadap hadirnya Kiai Ma’ruf. Khususnya dari masyarakat yang tinggal di bagian hulu sungai wilayah Kalimantan Selatan.

Ghimoyo mengatakan bahwa masyarakat rindu akan hadirnya Kiai Ma’ruf tokoh ulama besar yang membawa kelembutan.

“Kedatangan Abah dirindukan, kelembutan dan keulamaannya,” kata Ghimoyo.

Ditambahkannya, sejumlah ulama besar di sana juga sudah menyatakan kesiapan untuk menyambut kehadiran Kiai Ma’ruf.

“Insya Allah kehadiran Abah sudah dinantikan,” tandasnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Kiai Ma’ruf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Kalsel terhadap Jokowi dan dirinya. Dirinya tidak bisa menolak kalau memang masyarakat memang menyatakan dukungan terhadap Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

“Saya memahami bila mereka tidak ingin bertentangan dengan hati nuraninya. Saya sangat mengapresiasi sikap seperti ini, yang lebih mementingkan aspirasi masyarakat bawah dibanding ikut keputusan pusat,” ujar Kiai Ma’ruf.

Kiai Ma’ruf mengatakan dirinya semakin yakin terhadap kemampuan memenangkan Pilpres 2019 di Kalsel.

Menyangkut permintaan agar dirinya berdoa bersama rakyat di Kalsel, Kiai Ma’ruf menyatakan dirinya akan hadir seizin Allah SWT.

“Insya Allah akan hadir di Kalsel, karena itu permintaan ulama dan masyarakat,” kata Kiai Ma’ruf.

Sekadar diketahui, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Sikap DPW PAN Kalsel itu berbeda dengan Dewan Pimpinan Pusat PAN yang mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Muhidin Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan membenarkan pihaknya, Minggu (9/12/2018), sudah melakukan deklarasi untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin. (rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs