Kamis, 25 Juli 2024

Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin, 15 Camat di Sulsel Terancam Diberhentikan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Rahmat Bagja Komisioner Bawaslu. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sedang meneliti video yang viral di media sosial yakni deklarasi 15 Camat di Sulawesi Selatan yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf Amin Capres-Cawapres nomor urut 01.

Dalam video tersebut, deklarasi dipimpin oleh Sjahrul Yasin Limpo mantan Gubernur Sulawesi Selatan.

Rahmat Bagja Komisioner Bawaslu menegaskan, pihaknya sedang meneliti kebenaran video tersebut, tetapi jika diamati video tersebut dibuat pada masa kampanye.

“Videonya benar atau nggak? Tapi dari kalimatnya dibuat pada masa kampanye. Kalau sebelum masa kampanye nggak mungkin menyebut 01 atau 02,” tegas Rahmat di gedung DPR RI,Senayan, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Menurut dia, Camat adalah Aparatur Sipil Negara (ASN),sehingga dilarang untuk berkampanye.

“Kemudian yang jelas ASN termasuk Camat dan Kepala Desa dilarang kampanye. Camat apalagi, Camat jelas ASN atau kepala wilayah Kecamatan. Jadi tidak boleh seperti itu,” kata dia.

Bagja menjelaskan kalau Bawaslu juga sedang mengusut beberapa kepala daerah. Sejauh ini memang banyak yang tidak terbukti, tapi kalau seperti itu, Bawaslu akan menegur yang bersangkutan.

Soal video viral deklarasi 15 Camat Sulsel mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, menurut Bagja, belum ada laporan yang masuk ke Bawaslu, tetapi Bawaslu propinsi Sulsel sudah menindaklanjutinya.

“Belum ada laporan tetapi kami sudah minta Bawaslu Provinsi Sulsel untuk kemudian menindaklanjutinya supaya tidak menimbulkan kesan Bawaslu terhadap ini tidak tegas, tapi terhadap itu tegas,” tegasnya.

Bagja menegaskan, sanksi Camat terbukti melakukan kampanye bisa berat, yakni pemberhentian terhadap Camat tersebut.

“Sanksinya berat itu, bisa pemberhentian,” tegas Bagja.

Sekadar diketahui, beredar video Syahrul Yasin Limpo (SYL) mantan Gubernur Sulsel, bersama 15 Camat se-Kota Makassar mendukung capres dan cawapres nomor urut 01, yakni Jokowi-Ma’ruf Amin.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh Akun facebook Effendy Rahmat, pukul 01.32 Wita, Kamis, (21/2/2019)

Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu, SYL dan 15 Camat Makassar kompak menyatakan tekad untuk mendukung capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin untuk satu periode lagi

Petikan pernyataan Syahrul Yasin Limpo :

“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya Syahrul Yasin Limpo dan seluruh Camat se-Kota Makassar,”

Kemudian video tersebut menampilkan cuplikan sejumlah wajah-wajah camat, sambil mengangkat jari telunjuk satu dan juga sebagian camat masih ada berpakaian seragam ASN

Dilanjutkan dengan video :

“Saya Camat Rappocini, Mamajang, Ujung Tanah, Tamalanrea, Tallo, Kepulauan Sangkarang, Biringkanaya, Makassar, Manggala, Bontoala Panakkukang, Ujung Pandang, Tamalate, Mariso dan Wajo”

Selanjutnya, SYL dan didampingi sejumlah camat Makassar menyatakan sikap:

“Kami semua bersumpah dan berjihad menyatakan keputusan tekad mendukung calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk satu periode lagi menjadi presiden”

“Mari bersama-sama berjuang dan berjihad untuk nomor 01, Jokowi adalah presiden terbaik untuk kita semua. Dan masa depan untuk rakyat Indonesia”

“Kalau tidak pilih Jokowi saya yakin tidak akan menyesal. Jokowi-Ma’ruf. Harga Mati” teriak SYL bersama sejumlah camat.

Dalam video tersebut, beberapa Camat juga terlihat masih mengenakan pakaian dinas.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
27o
Kurs