Jumat, 19 April 2024

KH Ma’ruf Amin Merasa Lega Usai Debat dengan Sandiaga

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
KH Ma'ruf Amin memberikan keterangan terkait debat kandidat wakil presiden, di sela safari politik ke daerah Jawa Timur, Senin (18/3/2019). Foto: Istimewa

KH Ma’ruf Amin calon wakil presiden nomor urut 01 mengaku merasa lega sesudah melakukan debat kandidat dengan Sandiaga Uno, Minggu (18/2019), di Hotel Sultan, Jakarta Selatan.

Kiai Ma’ruf mengatakan, dia sudah menyampaikan semua gagasannya secara terbuka tentang isu ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan serta sosial dan budaya kepada masyarakat.

“Ya, lega lah. Kan sebelumnya debat kayaknya punya beban. Bagaimana kalau debat itu, saya bisa sampaikan visi misi dengan baik. Saya merasa habis debat, saya plong. Artinya merasa telah sampaikan semua hal yang saya ketahui untuk Indonesia maju,” kata Kiai Ma’ruf di sela kunjungannya ke daerah Jawa Timur, Senin (18/3/2019).

Menanggapi keterkejutan sejumlah pihak banyak atas penampilan Kiai Ma’ruf yang di luar dugaan, Abah (sapaan akrab Kiai Ma’ruf) mengaku bersyukur atas respon positif masyarakat.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyebut, apa yang dia sampaikan dalam debat itu adalah hasil dari membaca, mendengar dan berdiskusi dengan masyarakat.

“Ternyata mempunyai efek bagus ketika saya bisa menguasai, menyampaikan berbagai persoalan bangsa terutama menyangkut pendidikan, sosial budaya, tenaga kerja. Kalau itu diapresiasi masyarakat, saya merasa bersyukur dan senang,” imbuhnya.

Kiai Ma’ruf juga menggunakan istilah menarik seperti ten years challenge dan infrastruktur langit. Menurutnya, istilah itu muncul tanpa sadar.

“Mungkin itu jiwa saya memberikan penguatan pematangan terhadap masalah yang dihadapi bangsa. Kemudian muncul dari istilah-istilah saat berkomunikasi dengan masyarakat banyak dan menarik sehingga bisa dicerna,” timpalnya.

Dalam sesi debat kandidat itu, Kiai Ma’ruf juga menyelipkan ayat Al Quran untuk memperkuat pandangannya. Menurutnya, ayat-ayat itu keluar secara spontan tanpa direncanakan sebelumnya.

“Ketika itu ada korelasinya, itu munculnya saja,” jelasnya.

Saat disinggung apakah tidak lelah menjalani debat selama dua jam, Abah mengaku tidak ada masalah. Dia menambahkan, menyampaikan ilmu dan pandangannya kepada masyarakat adalah untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

Sekadar diketahui, usai mengikuti debat kemarin malam, pagi ini Kiai Ma’ruf dijadwalkan menghadiri acara silaturahim di beberapa kota di Jawa Timur.

“Saya tidak merasa lelah karena saya ingin sampaikan sesuatu kepada rakyat, umat dan bangsa,” tegasnya. (rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs