Selasa, 30 April 2024

Ma’ruf Kenalkan Konsep Santri Gus Iwan di Cilacap

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ma'ruf Amin Cawapres nomor urut 01 mengenalkan konsep santri Gus Iwan di hadapan ribuan kader NU di Ponpes Salafiah Diponegoro, Kabupaten Cilacap pada Jumat, (1/3/2019). Foto: Istimewa

Ma’ruf Amin cawapres nomor urut 01 mengenalkan konsep santri Gus Iwan di hadapan ribuan kader NU di Ponpes Salafiah Diponegoro, Kabupaten Cilacap pada Jumat, (1/3/2019). Ia berharap konsep santri Gus Iwan diterapkan santri milenial guna menghadapi revolusi industri 4.0.

Santri Gus Iwan yang dimaksud Kiai Ma’ruf merupakan singkatan dari santri bagus, pintar ngaji dan usahawan. Ia menyebut pemerintahan Jokowi sudah berusaha merealisasikan santri Gus Iwan dengan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) dan program vokasi.

“Gus Iwan itu dalam konsep pemberdayaan umat di kalangan santri gimana itu membangun santripreuner, membangun di ponpes BLK-BLK, pendidikan vokasi. Itu dalam rangka bangun santripreuner,” katanya pada wartawan usai kegiatan tausiyah kebangsaan dan pemberian Ijazah kitab Shohih Bukhori di Ponpes Salafiah Diponegoro, seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Ia menilai keberpihakan terhadap pengembangan santri amat diperlukan. Sebab, ia dan Jokowi berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia bila nanti terpilih.

“Jadi santri-santri yang bisa usaha dan ngaji ingin kita bangun,” ucapnya.

Saat ini, pemerintahan Jokowi mulai merealisasikan santripreuner secara bertahap. Salah satunya lewat program Bank Wakaf Mikro (BWM) sejak tahun lalu.

“Sekarang sudah mulai lewat bank wakaf mikro, kemitraan, redistribusi aset. Ke depan akan kita perbesar,” ujarnya.(rid/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs