Rabu, 1 Mei 2024

Prabowo-Sandi Siapkan 7 Langkah Pas untuk Ekonomi Lebih Baik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sandiaga saat tiba di depan Food Court Urip Sumoharjo, Surabaya, Selasa (1/1/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Bidang ekonomi akan menjadi prioritas Prabowo-Sandi capres cawapres nomor urut 02 dalam menghadapi persaingan usaha revolusi industri 4.0. Salah satunya, dengan membuka lebar peluang bagi para pelaku UMKM.

Sandiaga Uno calon wakil presiden menyatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah 7 pas untuk menghadapi revolusi industri. Di antaranya, melakukan pendampingan, pelatihan, permudah ijin, akses pemasaran, permudah permodalan, dan pelatihan pengeleolaan keuangan serta pelaporannya.

“Kami juga ingin untuk aspek perpajakannya, UKM yang sudah melakukan transformasi ke teknologi digital dan digital ekonomi ini mendapat kemudahan dari segi pajaknya 0 persen untuk dua tahun pertama. Itu yang akan kami tawarkan pada para UMKM,” kata Sandi, saat berkunjung ke Food Court Urip Sumoharjo, Surabaya, Selasa (1/1/2018).

Sandi menegaskan, dalam pemerintahan Prabowo-Sandi nanti akan fokus pada kesejahteraan masyarakat. Bukan lagi di infrastruktur, tapi dirinya akan menyediakan lapangan pekerjaan, memberikan peluang usaha dan harga yang terjangkau.

Dia tidak ingin lapangan kerja ini diberikan kepada tenaga kerja asing (TKA). Tetapi untuk masyarakat Indonesia. Bahkan dia berencana akan membuka Mal PKL untuk membantu para pedagang kecil mandiri.

“Mal PKL itu bagus sekali, yaitu tempat lahan usaha. Jadi tentunya ada beberapa aset-aset pemerintah maupun dunia usaha yang bisa dikonfersi menjadi sentra-sentra yang kita sebut sebagai mal pedagang kecil mandiri. Sehingga mereka bisa dengan tidak terlalu berat biayanya, bekerja sama dengan konsep pasar tradisional dan mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya menggiatkan ekonomi kita,” jelasnya. (ang/dim/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs