Senin, 3 Agustus 2020

Puluhan Karangan Bunga untuk Jokowi-Ma’ruf Terpajang di Istana Kepresidenan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Deretan karangan bunga ucapan selamat untuk Jokowi-Ma'ruf. Foto: Farid suarasurabaya.net

Lima hari pascapemungutan suara Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019), ucapan selamat kepada Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pasangan calon presiden nomor urut 01, berdatangan dari berbagai kalangan masyarakat.

Selain lewat media massa dan media sosial, ucapan selamat itu disampaikan dalam bentuk karangan bunga.

Salah satu lokasi yang dibanjiri karangan bunga ucapan selamat untuk Jokowi-Ma’ruf adalah Istana Kepresidenan Jakarta.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, sekitar 20 karangan bunga yang rata-rata ukuran 1,5×2 meter, bersandar di sepanjang pintu pagar Istana Kepresidenan yang menghadap ke Jalan Majapahit, Jakarta Pusat.

Nama pengirim karangan bunga itu pun beragam, ada yang menamakan diri pengagum kebenaran, relawan yang terus berjuang, dan ada juga kiriman dari keluarga asal daerah Medan dan Makassar.

Di dalam Komplek Istana Kepresidenan juga ada sekitar 15 karangan bunga, yang kebanyakan berasal dari relawan pendukung Jokowi-Ma’ruf, dengan berbagai ucapan selamat.

Sebelumnya, Jumat (19/4/2019) malam, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendeklarasikan kemenangan pasangan calon yang diusung dalam ajang Pilpres 2019.

Dasar klaim kemenangan TKN adalah hasil hitung cepat (quick count) dari sejumlah lembaga survei yang terverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sekadar diketahui, hasil hitung cepat lembaga survei seperti Litbang Kompas menyatakan capres 01 unggul 54,43 persen berbanding 45,57 persen suara yang didapatkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pasangan capres nomor urut 02.

Sedangkan Indikator Politik Indonesia mengumumkan hasil hitung cepat 53,91 persen berbanding 46,09 persen juga untuk keunggulan Jokowi-Ma’ruf.

Walau unggul versi hitung cepat, Jokowi calon presiden petahana mengimbau para pendukungnya untuk bersabar menunggu hasil hitungan suara resmi dari KPU.

Berdasarkan data sementara KPU, sampai 22 April 2019 pukul 08.45 WIB, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul 54,94 persen dukungan suara, dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang mendapat 45,06 persen suara.

Persentase sementara itu berasal dari 114.736 tempat pemungutan suara (TPS) atau 14,1 persen dari total 813.350 TPS. (rid/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Kerikil Berserakan, Lalu Lintas Macet

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Surabaya
Senin, 3 Agustus 2020
27o
Kurs