Kamis, 2 Mei 2024

Sandiaga Dicurhati Pedagang Warteg dan Nostalgia Saat Muda

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sandiaga Uno cawapres nomor urut 02 saat dialog dan makan bersama pedagang warteg di Desa Sidakaton Kecamatan Dukuh Turi, Tegal, JawaTengah, Jumat (1/3/2019). Foto: Istimewa

Mulyadi seorang pengusaha warung tegal (Warteg) meminta agar harga kebutuhan pokok dibuat stabil dan tidak naik turun. Sehingga para pengusaha rumah makan yang terkenal murah ini bisa menjual dengan harga yang stabil, murah dan terjangkau.

Hal ini dikemukakan Mulyadi yang juga Ketua Komunitas Warteg Nasional itu di Desa Sidakaton Kecamatan Dukuh Turi, Tegal, JawaTengah, Jumat (1/3/2019).

Hal lain yang dikemukakan Mulyadi adalah, bagaimana warteg bisa dikelola secara modern dan profesional. Dari kecil menjadi besar dan tidak kalah dengan restoran padang yang sudah go internasional.

“Kami berharap jika bapak menjadi wakil presiden, tolong pak harga-harga dibuat stabil. Sehingga harga makan di warteg bisa tetap stabil juga. Dan bagaimana solusi bapak, agar warteg juga bisa besar seperti restoran padang yang go internasional, istilahnya naik kelas pak,” kata Mulyadi.

Calon wakil presiden nomor urut 02 ini, mengaku punya nostalgia makan di warteg. Memorinya kembali saat masa pacaran dengan Nur Asia Uno atau yang biasa disapa Mpok Nur istri tercinta.

“Waktu Masih SMP ada warteg di dekat rumah mantan pacar saya, Mpok Nur. Disana saya sering makan sambil menunggu Mpok Nur keluar rumah, biar nggak laper. Saya minum teh poci juga. Pelayannya saya masih ingat Pak Jaelani. Warteg adalah solusi anak-anak sekolahan karena harganya stabil . Tapi saya tidak Darmaji ya. Tahu nggak apa Darmaji? Dahar lima ngaku Siji canda Sandi.

Menurut Sandi, apa yang diinginkan oleh Mulyadi adalah bukan hal yang mustahil. Ini bisa dilakukan dengan pendampingan dan pelatihan keuangan. Sehingga manajemen warteg dikelola secara profesional, tidak lagi hanya dengan tradisional.

“Saya yakin nanti warteg bisa juga seperti restoran padang. Bahkan menggunakan sistem franchise Tapi ya itu diperkuat sistem keuangannya. Melalui pelatihan juga ditingkatkan cita rasanya sekaligus tampilannya. Dan bukannya tidak mungkin warteg bisa ada juga di mancanegara,” terang Sandi.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga menyatakan, bahwa fokus Prabowo Sandi adalah ekonomi yang fokus pada harga-harga stabil dan terjangkau serta penciptaan dan penyediaan lapangan kerja.(faz/wil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs