Sabtu, 11 Mei 2024

Debat Pertama Pilpres, Mahfud MD: Kita Lihat Strategi dan Track Record

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Mahfud MD mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan (tengah). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Menjelang Debat Pertama Calon Presiden dan Calon wakil Presiden pada Kamis (17/1/2019) mendatang, Mahfud MD mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan ikut berkomentar. Ia yakin, debat sudah dipersiapkan dengan baik oleh kedua kubu. Sehingga menurutnya, tidak akan ada isi materi debat yang jelek dari kedua pasangan capres tersebut.

“Tinggal rakyat memilih, saya lebih setuju dengan aspirasi yang mana ini. Kan besok soal hukum, ham, terorisme, dan korupsi itu pastilah,” ujarnya.

Ia juga mengimbau pada masyarakat agar mampu menjermati strategi apa yang dipilih para pasangan capres dalam menyelesaikan persoalan bangsa. Ia mencontohkan, semua pasangan capres pasti ingin memberantas korupsi, namun strategi dan track recordlah yang bisa dinilai.

“Semua ingin memberantas korupsi. Pak prabowo iya, pak jokowi iya. Kita lihat strategi dan track record. Jadi track record masing-masing calon kan bisa diketahui,” katanya.

Ia yakin, debat pertama ini akan mempengaruhi pilihan masyarakat pada hari pemilihan April mendatang. Oleh karenanya, ia menilai kedua calon pasti sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Tapi masyarakat juga harus kritis. Mencermati sebaik-baiknya dalam memberantas korupsi dan kasus ham di masa lalu dan terorisme,” kata Mahfud.

Ditanya pendapatnya tentang kedua calon presiden, Ia hanya menjawab kedua calon sudah baik secara konstitusi. Karena keduanya sudah memenuhi syarat berarti bagus semua secara konstitusi.

“Tinggal yang bagus yang mana. Itu nanti lah,” jawabnya,

Terkait kisi-kisi menjelang debat yang diberikan oleh KPU, ia menanggapi hal tersebut dengan santai. Menurutnya, tidak ada perbedaan antara ada kisi-kisi atau tidak dalam debat capres.

“Sebenarnya si menurut saya, diberikan atau tidak diberikan itu sama saja. Karena calon presiden dan wakil presiden pasti sudah menyiapkan,” pungkasnya.

Sebagi informasi, KPU akan menggelar debat pertama calon presiden dan wakil presiden pada Kamis (17/1/2019) malam. Pada debat pertama ini, tema yang akan dibahas adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. KPU menjadwalkan, akan ada lima kali debat resmi sebelum hari pencoblosan, yaitu tanggal 17 April 2019. (bas)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
29o
Kurs