Senin, 17 Juni 2024

60 Persen Pemilih Jatim Bingung Tentukan Pilihan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Pusat Kajian Komunikasi (Puskakom) Universitas Airlangga menemukan sebanyak 63,4 persen pemilih di Jawa Timur hingga saat ini masih bingung dan belum menentukan pilihan saat pemilihan legislatif (pileg) 9 April 2014 mendatang.

Suko Widodo, Kepala Puskakom Unair dalam keterangan pers yang disampaikan ke suarasurabaya.net, mengatakan jika pemilu digelar hari ini maka pemilih Jawa Timur yang sudah menentukan pilihan hanya 36,6 persen.

“Angka ini merupakan hasil survei yang kami gelar selama 10 hari sejak 10-20 maret 2014,” kata Suko Widodo. Survei dilakukan dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Menurut Suko, angka 63,4 persen ini merupakan pilihan untuk tingkat DPR Pusat, lantas ketika responden ditanya terkait pilihan caleg DPRD provinsi, hasilnya lebih parah lagi karena yang belum menentukan pilihan mencapai 70,1 persen.

Yang paling sukses mengedukasi pemilih, kata Suko, hanyalah para caleg tingkat DPRD kabupaten/kota karena hasil survei menunjukkan yang sudah memiliki pilihan mencapai 60 persen.

“Caleg kabupaten/kota ternyata lebih memiliki hubungan emosional ketimbang caleg DPRD Provinsi,” kata pengajar ilmu sosial dan politik Unair ini.

Kedekatan antara caleg DPRD kabupaten/kota inipula yang menjadikan partisipasi politik pada pemilu kali ini juga cukup tinggi. Bahkan dari hasil survei diketahui sebanyak 91,2 persen warga mengaku akan menggunakan hak pilihan dalam pileg mendatang. (fik)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs