Minggu, 31 Mei 2020

Semeton Jokowi Galang Dukungan Lewat Joged Bumbung

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Semeton atau saudara Jokowi yang merupakan relawan pemenangan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo menggalang dukungan masyarakat dengan menampilkan tari joged bumbungan, tari pergaulan khas Pulau Dewata.

“Kami ingin memperkenalkan Jokowi kepada masyarakat lebih luas sebagai calon presiden melalui pementasan budaya,” kata Anak Agung Abiyoga, Koordinator aksi Semeton Jokowi, di Denpasar pada Antara, Minggu (25/52014).

Selama ini pemenangan seorang calon presiden mayoritas dilakukan oleh partai politik. Untuk itu diharapkan selain parpol, pemenangan juga berasal dari relawan sebagai salah satu ‘kaki’ perjuangan.

Pementasan tari pergaulan itu dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Renon, Denpasar saat ribuan masyarakat tengah menikmati ‘car free day’.

Lenggak-lenggok para penari cantik tersebut praktis menarik perhatian masyarakat yang saat itu tengah berolahraga atau sekedar berkumpul menikmati suasana bebas kendaraan.

Diiringi lantunan alat musik tradisional bambu khas Pulau Dewata, dua penari dengan mengenakan hiasan kepala dari bunga kamboja, dibalut kebaya dan kain Bali, mengajak serta warga untuk ngibing atau menari bersama.

Sebelum pementasan joged bumbung, relawan tersebut juga menampilkan parade ngelawang barong bangkung yang berarti melanglang atau mengelilingi lingkungan dengan membawa barong berkepala babi yang dibawakan oleh para pemuda pendukung Jokowi.

Abiyoga menjelaskan bahwa terlibatnya pemuda dalam aksi tersebut merupakan suatu langkah untuk sekaligus memberikan praktik politik dengan komunikasi langsung kepada masyarakat.

Mengingat selama ini generasi muda belum terlalu penuh tertarik ke dunia politik. Sukarelawan itu kemudian membagikan stiker dengan foto Jokowi sebagai presiden kepada masyarakat. (ant/ain)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Minggu, 31 Mei 2020
32o
Kurs