Sabtu, 27 April 2024

Deklarasi Damai, Ciptakan Kampanye Positif

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Menjelang masa kampanye Pemilu legislatif yang tinggal beberapa hari, sejumlah calon legislatif (Caleg) dari 12 partai yang berada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (14/3/2014) melakukan deklarasi damai Pemilu 2014.

Dalam deklarasi tersebut semua Caleg yang hadir menandatangani dan menyetujuhi lima kesepakatan damai, demi kelancaran jalannya Pemilu 2014.

AKBP Aries Syahbudin Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengatakan, dengan adanya deklarasi damai ini, diharapkan para caleg dapat melakukan kampanye secara positif, tidak menjelek-jelekkan calon lain sehingga pemilu berjalan lancar.

“Semua caleg dari 12 partai politik yang hadir telah sepakat untuk menciptakan Pemilu yang aman dan lancar. Mereka menandatangi lima kesepakatan damai yang tertulis dalam deklarasi,” kata AKBP Aries Syahbudin kepada wartawan, Jumat (14/3/2014).

Kapolres menilai dalam Pemilu legislatif tahun ini, berbeda dengan sebelumnya. Pola kampanye sedikit berbeda, dimana dalam satu Dapil ada 4-5 Parpol yang melakukan Kampanye, sehingga kerawanan diprediksi tinggi.

“Pola pengamanan juga berbeda, kita bentuk sesuai dengan tingkat kerawan yang ada. Kami bekerjasama dengan TNI melakukan pengamanan, harapannya dapat meredam jika ada permasalahan-permasalahan yang timbul,” ujarnya.

Polres Pelabuhan Tanjung Perak, kata dia, menyiapkan empat pleton personel, diluar personel yang ada di tempat kampanye, guna pengamanan jalur-jalur kampanye. Selain itu juga akan ada personel yang ditempatkan untuk memantau dan berkoordinasi terkait pengamanan kegiatan kampanye disetiap caleg ataupun parpol. “Akan kami tempatkan anggota dari Babinkamtipmas, Babinsa, dan Intel untuk melekat disetiap caleg dan Parpol saat ada kegiatan Kampanye,” kata dia.

Sekadar diketahui, jumlah Caleg yang ada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebanyak 99 orang yang akan maju dalam Pemilu legislatif. puluhan caleg tersebut dari 12 parpol, yaitu Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kesejahteraan Sosial (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). (wak/rst)

Teks Foto:
– Suasana penandatanganan deklarasi damai di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perdak Surabaya.
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs