Sabtu, 18 Mei 2024

Jurnalis Menyayangkan Ketatnya Pengamanan KPU Surabaya

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Sistem pengamanan yang ketat, untuk akses masuk jurnalis di Kantor KPU Surabaya disesalkan beberapa jurnalis.

Pengetatan pengamanan itu dilakukan petugas jaga pintu depan KPU Surabaya yang dilakukan Linmas Pemkot Surabaya dan petugas sekrtariat KPU Surabaya. Di pintu masuk utama Kantor KPU Surabaya, setiap orang yang masuk ditanya identitas dan keperluannya, selama proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu legislatif 2014 digelar.

Beberapa jurnalis yang harus keluar masuk ke kantor KPU Surabaya juga tidak lepas dari proses pemeriksaan yang dilakukan petugas sekretariat KPU Surabaya dan Linmas.

Anang satu diantara jurnalis media online di Surabaya mengaku heran dengan pengamanan yang ketat dari petugas internal di KPU Surabaya, padahal tiap hari dia meliput proses rekapitulasi penghitungan suara pileg 2014. “Kesannya seperti masuk wilayah terlarang, padahal proses rapat terbuka yang digelar KPU Surabaya itu, boleh diketahui semua pihak, khususnya warga Surabaya,” ujarnya.

Sementara Edward Dewaruci Komisioner KPU Surabaya mengatakan, pembatasan orang yang masuk di Kantor KPU Surabaya hanya untuk menyesuaikan dengan kapasitas gedung dan ruang yang ada. “Kalau nanti orangnya banyak, ruangannya panas, akan banyak yang protes dan marah,” jelas Edward.

Dari pantauan di KPU Surabaya, selama proses rekapitulasi penghitungan suara pileg 2014, mulai pagi sampai malam, puluhan orang terlihat banyak yang berkerumun di sekitar gedung KPU Surabaya, mereka diantaranya saksi parpol, simpatisan, kader bahkan ada beberapa caleg yang turun langsung, untuk memantau langsung perolehan suaranya dalam pileg 2014.

Pengamanan di luar dan dalam gedung KPU Surabaya, juga tetap dilakukan polisi 24 jam penuh, bahkan polisi juga mendirikan tenda untuk tempat tidur mereka selama melakukan pengamanan di Kantor KPU Surabaya, mulai sebelum digelarnya proses rekapitulasi penghitungan suara pileg 2014. (tas/ipg)

Teks Foto : 
– Polisi terlihat melakukan pengamanan di Gedung KPU Surabaya, Senin (21/4/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs