Rabu, 17 April 2024

KPU Jatim Resmi Tetapkan Caleg Terpilih Untuk DPRD Jatim

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim resmi menyampaikan nama-nama caleg terpilih dalam pemilu legislatif (Pileg) 2014.

Penetapan nama-nama caleg untuk DPRD Jatim yang terpilih dalam pileg dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Jawa Timur, di Kantor KPU Jatim, Senin (12/5/2014).

Choirul Anam Komisioner KPU Jawa Timur mengatakan, dalam rapat pleno penetapan KPU Jatim itu, dipastikan kalau Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai parpol pemenang dalam Pileg 2014 di Jawa Timur, dengan 20 kursi, disusul PDI Perjuangan dengan 19 kursi dan Gerindra juga Demokrat, masing-masing 13 kursi disusul Partai Golkar dengan 11 kursi.

Urutan keenam Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 7 kursi, sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dapat 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dapat 5 kursi, Nasdem dapat 4 kursi dan Hanura dengan 2 kursi.

Sesudah penetapan dilakukan, maka KPU Jatim akan menunggu proses pelantikan anggota DPRD Jatim yang akan dilakukan antara Agustus-Oktober mendatang. “Proses pelantikan itu masih menunggu proses penyelesain sengketa hasil pemilu yang hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran di Mahkamah Konstitusi,” ujar Anam.

Dikatakan Anam, kalau hasil MK ada yang memerintahkan proses hitung ulang, atau bahkan coblos ulang, KPU Jatim juga belum tahu, tapi KPU Jatim tetap akan melaksanakan putusan MK. “Kita juga akan siap, kalau dalam putusan MK, ada caleg yang harus diganti dengan caleg lain, karena dinilai bermasalah,” jelas Anam.

Selama proses penetapan hasil pileg Jatim, tidak ada saksi parpol yang protes, hanya 3 parpol yang saksinya tidak ikut dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pileg Jatim 2014, diantaranya PPP, PBB dan PKPI.

“Mereka sudah diundang dan dihubungi tapi tetap tidak datang, dan KPU tidak tahu apa alasan mereka tidak datang,” papar Anam. (tas/dwi)

Teks Foto :
– Choirul Anam Komisioner KPU Jawa Timur.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs