Minggu, 5 Mei 2024
Jelang Pileg 2014

KPU Pusat Monitoring Cetak Surat Suara

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat melakukan sidak proses cetak surat suara.

Sidak dilakukan langsung Arif Budiman Komisioner KPU Pusat, di dua percetakan di Jawa Timur, diantaranya di PT Antar Surya Jaya dan PT Temprina.

Arif Budiman mengatakan, sidak itu dilakukan serentak Anggota KPU Pusat ke beberapa daerah yang mencetak kertas suara pileg 2014. “Dalam sidak itu yang akan dicek warna surat suara dan kontennya. Sebelumnya KPU juga sudah mengecek kesiapan tinta yang diproduksi di Surabaya dan Kuningan, Jawa Barat,” ujar Arif, Minggu (9/2/2014).

Khusus untuk percetakan di PT Antar Surya Jaya, akan mencetak dan mendistribusikan surat suara untuk wilayah Banten, Jabar, dan Kalbar, sementara untuk PT Temprina akan melayani percetakan untuk wilayah Jawa Timur sebagian daerah pemilihan, NTB, NTT, Papua dan Papua Barat.

“Diharapkan minggu ketiga Februari, semua proses produksi surat suara sudah selesai dan akan didistribusikan dulu ke TPS di luar negeri, selain itu, KPU juga minta pada PT Temprina, untuk memperhatikan distribusi di kawasan Papua dan Papua Barat, karena kapal tujuan sana, hanya ada dua kapal dalam sebulan,” papar Arif.

Untuk mengantisipasi terjadinya kendala distribusi surat suara, KPU rencananya juga akan menggandeng TNI dan Polri, khusus untuk mengangkut dan mendistribusikan surat suara.

Dengan kesiapan produksi dan distribusi, diharapkan surat suara pileg 2014, sudah sampai ke tingkat PPK 1 Maret – 5 April mendatang, dan tanggal 6-7 April sudah ada di PPS, baru 8 April harus siap di semua TPS. “Karena banyak KPPS yang tidak punya tempat untuk menyimpan surat suara, maka dalam distribusinya harus hati-hati dengan keamanan dan kemungkinan banjir atau kebakaran,” tuturnya. (tas/wak)

Teks Foto :
– Arif Budiman Komisioner KPU Pusat (Baju Batik Hitam) waktu sidak proses percetakan surat suara Pileg 2014 di PT Antar Surya Jaya, Minggu (9/2/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs