Sabtu, 21 September 2024

KPU Surabaya Mulai Distribusi Surat Suara Pileg 2014

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

KPU Surabaya mulai distribusikan surat suara pemilu legislatif (pileg), Selasa (1/4/2014).

Eko Waluyo Suwardiono Ketua KPU Surabaya mengatakan pendistribusian dilakukan langsung dari gudang pelipatan surat suara di Kawasan Sidotopo Wetan 11 Surabaya. “Selama proses pendistribusian akan dikawal ketat polisi dari Polrestabes Surabaya,” ujar Eko.

Ditambahkan Eko, untuk hari pertama, surat suara yang akan didistribusikan ada 4 juta surat untuk daerah pemilihan (dapil) 1 dan 2 Surabaya. “Surat suara itu akan didistribusikan ke semua PPK di dapil 1 dan 2, sampai malam nanti,” jelasnya.

Proses pendistribusian itu menurut Eko, tidak sekedar mengirim surat suara, tapi juga menghitung jumlah surat suara yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah pemilih di masing-masing PPK dan PPS di Surabaya. “Prosesnya akan lama, karena tidak hanya mengirim, tapi perlu dihitung dan kalau ada yang kurang atau keliru PPK bisa langsung membuat berita acara untuk dilaporkan ke KPU agar segera dilakukan penggantian,” papar Eko.

Selama proses pendistribusian dan penghitungan surat suara, akan disaksikan semua petugas PPK dan PPS di masing-masing dapil.

Untuk Dapil 1 Surabaya, beberapa PPK yang akan didistribusi surat suara pileg meliputi Kecamatan Tegalsari, Genteng, Gubeng, Simokerto, Bubutan dan Krembangan.

Sementara Dapil 2 Surabaya meliputi Kecamatan Tambaksari, Pabean Cantikan, Semampir, dan Kenjeran.

Tahapan pendistribusian surat suara untuk 5 dapil di Surabaya akan dilakukan mulai 1-3 April ke semua PPK di Surabaya, dilanjutkan pendistribusian dari PPK ke PPS mulai 4-6 April dan 7-8 April baru didistribusikan ke masing-masing TPS di Surabaya. (tas/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 21 September 2024
26o
Kurs