Selasa, 7 April 2020

Kampanye Pemilu Resmi Dimulai

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur resmi buka masa kampanye untuk pemilihan legislatif 2014. Pembukaan masa kampanye ditandai dengan tandatangan deklarasi kampanye damai pemilu yang dilakukan oleh perwakilan partai politik, serta para calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

“Tandatangan deklarasi damai ini sekaligus membuka rangkaian kampanye pemilihan legislatif,” kata Eko Sasmito, Ketua KPU Jawa Timur, di sela-sela tandangan deklarasi damai di lapangan Markas Kodam V/Brawijaya, Sabtu (15/3/2014), siang.

Sebelum tandatangan, perwakilan parpol dan DPD juga membacakan tiga butir kesepakatan yaitu pertama ; “Kami partai politik dan DPD sepakat akan melaksanakan kampanye secara mendidik, sopan, bermartabat dan penuh tanggungjawab demi demokrasi yang lebih baik bagi masyarakat”.

Ke-dua “Kami partai politik dan DPD akan mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan merolitas selama kampanye”.

Ke-tiga “Kami partai politik dan DPD sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan pemilu 2014”.

Pembacaan deklarasi ini dilakukan dihadapan para anggota KPU Jawa Timur, serta unsur forum pimpinan daerah diantaranya Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jawa Timur, Panglima Kodam V/Brawijaya, serta pejabat lainnya.

Usai pembacaan deklarasi, mereka lantas bersama-sama berjabat tangan dan bergandengan tangan yang selanjutnya melakukan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya massa kampanye.

Sementara itu dalam acara kali ini juga dilakukan pelepasan balon tanda dimulainya kampanye. Kampanye pemilu digelar selama 20 hari sejak tanggal 16 Maret hingga 5 April 2014.

Selain tandatangan deklarasi damai, pembukaan kampanye juga dilakukan dengan konvoi damai seluruh peserta pemilu baik partai politik maupun calon DPD.

Mengambil start dari Kodam V/Brawijaya, konvoi dilakukan berkeliling jalanan Surabaya mulai Jl. Hayam Wuruk; Jl. Ciliwung; Jl. Raya Darmo; Jl. Urip Sumoharjo; Jl. Basuki Rahmad; Jl. Embong Malang; Jl. Blauran; Jl. Bubutan; lantas memutar di Monumen Tugu Pahlawan; kemudian mengarah ke Jl. Pahlawan; Jl. Gemblongan; Jl. Tunjungan; Jl. Gubernur Suryo; Jl. Panglima Sudirman; Jl. Urip Sumoharjo; Jl. Raya Darmo dan finish di Taman Bungkul.

Masing-masing parpol diikuti maksimal 25 kendaraan hias, sedangkan DPD maksimal 10 kendaraan. Guna memperlancar konvoi, peserta hanya diperbolehkan membawa mobil. Sepeda motor, becak maupun sepeda gunung dilarang ikut. (fik)

Teks Foto :
– Salah satu calon anggota DPD menandatangani kesepakatan kampanye damai.
Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Blega, Bangkalan

Banjir di depan Lippo Plaza Sidoarjo

Banjir di Sememi

Kebakaran Rumah di Griya Kebraon Tengah

Surabaya
Selasa, 7 April 2020
27o
Kurs