Sabtu, 4 April 2020

Kardus Televisi dan Pembalut Jadi Bilik Coblosan

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Kardus bekas pembungkus televisi dan pembalut wanita, jadi bilik coblosan pemilu legislatif (pileg) di TPS 44 Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya.

Penggunaan kardus bekas itu dilakukan, karena jumlah bilik coblosan resmi yang dikirimkan KPU hanya 2 buah yang terbuat dari aluminium.

Mumahammad Kuderi Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 44 Kelurahan Morokrembangan mengatakan, bilik dari kardus itu sengaja dibuat, karena jumlah pemilih yang sangat banyak dan untuk mempercepat waktu pencoblosan. “Kalau hanya dengan dua bilik coblosan, kita takut sampai akhir waktu coblosan, masih ada warga yang menunggu antrean,’ ujar Kuderi, Rabu (9/4/2014).

Dikatakan Kuderi, karena tidak ada kardus yang baik, maka terpaksa menggunakan kardus bekas pembungkus televisi dan pembalut wanita. “Kita gunakan kardus seadanya asal bisa menutupi pemilih waktu mencoblos,” terangnya.

Sementara Eko Waluyo Swardyono Ketua KPU Surabaya waktu dikonfirmasi tentang penggunaan bilik dari kardus bekas dan bukan dari KPU, sangat menyayangkan kejadian itu. “Harusnya tiap TPS itu ada 4 bilik yang dikirimkan KPU, tiga bilik dari aluminium dan satu dari kardus yang bertuliskan KPU, tapi kalau pakai kardus biasa itu merupakan pelanggaran,” jelasnya.

Ditambahkan Eko, dengan kejadian yang ada di TPS 44 Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, KPU Surabaya akan menegur Ketua KPPS-nya, karena melanggar aturan admisnistratif, meski sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada jumlah perolehan suara. “Ini soal rasa nyaman saja,” tutur Eko.

Menyikapi temuan itu, Sardijoko Anggota Panwaslu Surabaya mengatakan, Panwaslu tidak akan menyoal kejadian itu, karena bukan sebuah pelanggaran yang berarti. “Asal tidak merusak dan mengurangi suara, maka kami menilai itu bukan sebuah pelanggaran,” terangnya. (tas/edy)

Teks Foto :
– Situasi TPS 44 Kelurahan Morokrembangan, Kecamatan Krembangan, Surabaya, yang menggunakan kardus bekas pembungkus televisi dan pembalut wanita untuk bilik coblosan, Rabu (9/4/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
30o
Kurs