Minggu, 5 April 2020

Kiat Eko Patrio Lolos ke Senayan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Eko Hendro Purnomo, alias Eko Patrio kembali terpilih menjadi wakil rakyat di parlemen setelah di daerah pemilihan Jawa Timur VIII, caleg dari PAN ini mampu meraih 64 ribu suara dengan total raihan suara partai di dapil itu mencapai 133 ribu.

“Saya terpilih kembali, tapi ini sebenarnya malah jadi beban karena dapat amanah dari rakyat,” kata Eko di sela-sela mengikuti pleno rekapitulasi manual KPU Jawa Timur di Hotel Singgasana, Surabaya, Kamis (24/4/2014).

Menurut Eko, selain dia, teman sesama artis yang juga dari PAN yang lolos ke senayan adalah Anang Hermansyah yang maju dari daerah pemilihan Jember dan Lumajang.

“Sekarang ini artis atau tidak asalkan kuasai daerah pemilihannya pasti akan jadi,” kata dia. Eko mengatakan, setidaknya ada kiat khusus bagi artis yang ingin mengadu peruntungan di Parlemen.

Artis, saat ini tidak mungkin hanya jual tampang dan popularitas. Artis harus mengenal terlebih dahulu daerah pemilihan sebelum dia terjun. Eko mengisahkan, saat terpilih pada tahun 2009, setahun kemudian Eko mengaku langsung turun ke dapil secara terus menerus sehingga pada pemilu kali ini dia kembali meraih simpati warga di dapilnya.

“Jadi jangan dibalik, yang banyak sekarang artis jual ketenaran baru sosialisasi, padahal harusnya mengerti daerah pemilihannya dulu,” kata dia.

Sementara itu, Eko sendiri mengaku tetap akan memilih di Komisi X yang membidani masalah pendidikan, seni dan budaya. “Saat ini masih ada satu PR yang belum kami rampungkan yaitu berkaitan UU Kebudayaan,” kata dia.

Undang-undang kebudayaan, merupakan peraturan yang diharapkan Eko akan menjadi payung bagi undang-undang lainnya yang telah ada yaitu UU mengenai Cagar Budaya, UU Perfilman, serta UU Kesenian. Dalam UU Kebudayaan ini, diharapkan akan melindungi kebudayaan yang ada sekaligus melindungi para pelaku budaya di Indonesia. (fik/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Minggu, 5 April 2020
26o
Kurs