Senin, 17 Juni 2024

Rawan Rusuh, 200 Brimob Amankan Pemilu Ulang di Sampang

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Sekitar 200 personel Brimob Polda Jatim diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan pemilu ulang di 19 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang digelar Sabtu (19/4/2014).

“Pasukan malam ini sudah tiba di Sampang dan sudah siap mengamankan pemilu ulang di Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Robatal,” kata AKBP Imran Edwin Siregar Kapolres Sampang, Jumat (18/4/2014) malam.

Personel Brimob yang terbagi dalam dua satuan setingkat kompi itu tiba di Sampang dengan diangkat sebanyak tiga truk dan empat bus, berikut mobil meriam air.

Petugas bergerak menuju lokasi pemilu di dua desa, yakni Desa Bira Barat, Kecamatan Ketapang dan Desa Pandiyangan, Kecamatan Robatal, bersamaan dengan pengiriman distribusi logistik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pemungutan suara ulang di 19 TPS di Kabupaten Sampang itu digelar, karena ditemukan praktik pelaksanaan pemilu yang tidak prosedural pada pemungutan suara 9 April 2014. Salah satunya penghitungan digelar mulai pukul 10.00 WIB, padahal, jadwal penghitungan mulai pukul 13.00 WIB.

Selain itu, undangan pencoblosan bagi calon pemilih di dua desa itu banyak yang tidak dibagikan oleh petugas penyelenggara pemilu.

Hernandi Kusuma Hadi Komisioner KPU Sampang seperti dilansir Antara menjelaskan, jumlah pemilih yang akan mengikuti pemilu ulang di dua kecamatan itu sebanyak 5.056 orang. Perinciannya sebanyak 4.251 orang di 17 TPS di Desa Bira Barat, Kecamatan Ketapang, sedangkan sebanyak 805 sisanya di 2 TPS di Desa Pandiyangan, Kecamatan Robatal, Sampang.(ant/ipg)

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs