Minggu, 19 Mei 2024

Berikut Langkah Sederhana Kurangi Penggunaan Plastik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: vosizneias.com

Penggunaan plastik yang berlebihan ternyata berdampak pada kerusakan lingkungan. Bahkan penelitian terakhir memperkirakan bahwa saat ini ada lebih dari 150 juta ton sampah plastik di laut.

Tiza Mafira selaku Direktur Gerakan Diet Kantong Plastik Indonesia mengatakan, perlu adanya partisipasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

Menurutnya setidaknya ada cara sederhana yang bisa dilakukan masyarakat untuk membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Paling sederhana ditolak aja kalau ditawarkan kantong plastik. Apalagi kalau kita cuma beli satu, dua, atau tiga barang tinggal dimasukin ke dalam tas atau kantong,” ucap Tiza Mafira saat berbincang di Jakarta dilansir Antara.

“Kalau dikasih sedotan es teh ketika kita pesen di restoran sebaiknya ditolak aja. Toh kita bisa minum langsung. Paling sederhana itu menolak dulu,” jelas wanita 34 tahun ini.

Tiza menyarankan kepada masyarakat untuk membawa barang pengganti plastik, terutama ketika ingin berbelanja sesuatu.

“Kemudian langkah berikutnya adalah kita siapkan apa penggantinya. Ketika kita berbelanja banyak, pastikan bawa tas belanja sendiri dari rumah,” ujarnya.

“Kalau kita niat mau minum sesuatu yang enak seperti jus, ya kita bawa sedotan sendiri dari rumah,” tutupnya.(ant/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
26o
Kurs