Kamis, 18 April 2024

Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Masalah Jantung

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: rawpixel Unsplash

Gigi berlubang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anggota tubuh lainnya, termasuk jantung, menurut drg. Bambang Nursasongko, SpKG (K) dari IKORGI UI Jakarta Pusat. Kondisi ini terjadi jika kuman yang berasal dari gigi berlubang sudah sampai ke saraf gigi lalu menjalar ke organ tubuh lain, seperti jantung.

“Menyebabkan masalah jantung kalau kuman (di gigi berlubang) sampai ke saraf. Kalau sampai ke saraf, ada pembuluh darah, kuman masuk, jalan ke jantung dan tempat pembuluh darah,” kata dia di Jakarta, Selasa (27/11/2018), seperti ditulis Antara.

“Kalau kumannya belum sampai ke saraf, masih di jaringan keras tidak menyebabkan penjalaran penyakit,” sambung Bambang.

Bila gigi yang berlubang sudah mencapai pulpa atau saraf, penambalan gigi yang selama ini menjadi prosedur penanganan gigi berlubang, tak lagi berfungsi. Ibarat tembok, lubang yang terdapat di sana bahkan sudah tak bisa ditutup lagi.

“Kalau sudah sampai pulpa, pulpa harus dibuang. Pasien dirawat dengan perawatan yang namanya saluran akar. Gigi yang sudah kehilangan saraf sama seperti tangan yang sudah tidak peka lagi (sensitif),” tutur Bambang.

Agar gigi tak sampai berlubang, perawatan gigi yang benar menjadi prosedur yang wajib Anda lakukan. Mulai dari rajin berkumur menggunakan air, menyikat gigi rutin dua kali sehari hingga membersihkan karang gigi 6 bulan – 1 tahun sekali.

“Penyakit gigi dan mulut kalau belum parah tidak akan terasa. Di daerah banyak masalah gusi karena kebersihan mulut kurang terjaga. Di kota besar gigi berlubang, banyak makan makanan mengandung gula. Lalu pola perawatan. Masalah gusi terjadi antara lain karena masalah kebersihan mulut, infeksi gusi, karang gigi tidak dibersihkan bertahun-tahun,” papar Bambang. (ant/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs