Kamis, 28 Maret 2024

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak Tayang di Festival Film Perempuan Prancis

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Film “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak” mendapat kehormatan menjadi pembuka festival internasional film perempuan (Festival International de Films de Femmes de Creteil) 2018, yang berlangsung di Maison des Arts de Creteil, sekitar 20 kilometer tenggara Paris, Prancis, selama 9-18 Maret.

Film karya sutradara muda Mouly Surya yang dibintangi oleh Marsha Timothy (Marlina), membuka festival yang menayangkan sekitar 100 film dari seluruh dunia.

Menurut Surya Rosa Putra Atase Pendidikan KBRI Paris dalam siaran pers kedutaan, Rabu (14/3/2018), sekitar 1.000 penonton yang memadati bioskop utama tidak beranjak dari tempat duduk sepanjang pemutaran film dan menikmati adegan-adegan dalam film.

Dilansir Antara, acara pembukaan festival film itu juga menampilkan pertunjukan Tari Panyembrana oleh Ary Dean, Kadek Puspasari, Ni Luh Puspasari dan Putu Parret.

Festival International de Films de Femmes de Creteil pertama diselenggarakan tahun 1979 oleh perempuan Prancis, Jackie Buet dan Elisabeth Trehardt, seorang mantan guru dan pengurus Pusat Budaya di Prancis.

Semula festival ditujukan untuk membantu para sutradara perempuan yang baru dalam pembuatan dan penyebaran film pertama mereka di tengah kondisi perfilman yang didominasi oleh sutradara laki-laki.

Dalam perjalanannya, festival ini menjadi salah satu ikon representasi komitmen keikutsertaaan perempuan dalam pengembangan peradaban, terutama dalam aspek artistik, historik, politik maupun sosial.

Festival juga menjadi simbol perjuangan perempuan dalam perang melawan diskriminasi gender, ras, budaya dan starata sosial, terutama dalam perfilman.

Sebanyak 42 film ikut serta dalam kompetisi tahun ini. Film-film tersebut dikelompokkan dalam empat kategori, yakni film fiksi panjang, film dokumenter panjang, film fiksi pendek dan film fiksi khusus yang disutradarai oleh perempuan Eropa.

Selain memutar film-film kompetisi, festival juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan seperti debat, pameran, lokakarya untuk para siswa, dan pemutaran film-film berkualitas tentang dari dan tentang perempuan. (ant/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs