Kamis, 25 April 2024

Nelayan Pantai Bulusan Gelar Ritual Petik Laut Rebo Wekasan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Foto: banyuwangikab.go.id

Nelayan Pantai Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi menggelar ritual Petik Laut Rabu Wekasan di pesisir Pantai Warudoyong, Bulusan, Rabu (7/11/2018).

Acara ini digelar rutin setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam penanggalan jawa. Kegiatan ini menjadi ritual tolak bala dari nelayan setempat yang dilakukan secara turun temurun dari nelayan setempat.

Sujarno Ketua kelompok nelayan Bulusan mengatakan, Petik Laut Rabu Wekasan merupakan ungkapan syukur dari para nelayan sekaligus ritual tolak bala yang diharapkan para nelayan bisa terus diberikan keselamatan selama berlayar mencari ikan di laut.

“Ini juga sekaligus doa agar mendapatkan hasil yang melimpah,” ungkapnya seperti laporan Rudi dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Kamis (8/11/2018).

Dalam ritual Petik Laut Rabu Wekasan, nelayan melarungkan perahu kecil berisi sesaji yang terdiri atas berbagai jenis polo pendem, jajanan pasar, dan sebuah kepala kambing. Kemudian perahu tersebut dibawa ke tengah laut diiringi penari gandrung dan tetua adat.

Sebelum melarungkan perahu sesaji, masyarakat memanjatkan doa permohonan keselamatan dan kelimpahan rezeki yang dipimpin oleh seorang pemuka agama.

“Semua ini dengan harapan seluruh masyarakat, terutama nelayan bisa terhindar dari mara bahaya dan mendapatkan hasil laut yang melimpah,” pungkas Sujarno. (nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs