Sabtu, 20 April 2024

Pengemis 75 Tahun di India Bangun Toilet dari Uang Sedekah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Rahima Bewa (kiri) and putrinya, Kamala Bewa, duduk di depan tumpukan batu bata untuk membangun toilet di pondoknya di Murshidabad, Bengal Barat. Foto: HT Photo/hindustantimes.com

Seorang pengemis berusia 75 tahun di India menarik perhatian media karena membangun toilet di pondoknya dari uang sedekah, setelah menghabiskan seluruh hidupnya untuk buang air besar di tempat terbuka.

Rahima Bewa, penduduk asli negara bagian timur distrik Murshidabad, Bengal Barat, membawa misi mulia untuk membangun toilet di rumah lumpurnya setelah tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah India di bawah Misi Perdana Menteri Narendra Modi bernama Bersihkan India.

“Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa buang air besar di tempat terbuka itu berbahaya bagi kesehatan kita. Jadi, saya memutuskan untuk membangun toilet di rumah saya, saya menghabiskan tabungan saya untuk itu,” katanya kepada surat kabar Hindustan Times.

Bewa merogoh kocek sekitar 15.000 rupee India atau Rp2.680.000 untuk membuat toilet tersebut, tapi hal itu tidak menghalangi Bewa, yang tinggal di sebuah desa terpencil di Murshidabad dengan putrinya yang cacat Kamala (50), untuk merawatnya.

Meskipun dia tidak mendapat banyak uang dari pemerintah pusat yang menawarkan bantuan kepada orang miskin untuk membangun toilet di rumah, pemerintah negara bagian telah menjanjikan bantuannya.

Bewa menjadi pengemis setelah anak-anaknya mengusirnya dari rumah mereka, setelah kematian suaminya, yang adalah seorang petani, sekitar 20 tahun yang lalu, demikian dilansir Antara dari Kantor Berita Xinhua.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs